Wednesday 15 August 2018

Pengertian Transpirasi, Taksisme, Tendon


Pengertian Transpirasi
Asalnya dari bahasa Latin “Trans” yang artinya “melintasi” dan  “Spirare” artinya “menghisap atau menghirup”.  Jadi arti transpirasi yaitu suatu proses penguapan atau pelepasan uap air pada tumbuhan melalui stomata, kutikula, dan lentisel. Molekul air ini bermula dari akar,  menuju batang ,sampai akhirnya di daun lewat xilem. Adanya kegiatan transpirasi daun menyebabkan daun memiliki daya hisap terhadap air dan zat-zat terlarut di dalamnya dari batang maupun akar.
Daya-daya yang bisa menjadikan air bisa naik dari akar sampai ke batang menuju daun, yaitu:
• Adanya tekanan akar sekalipun hanya menaikkan aliran air dalam beberapa meter saja;
• Adanya daya kohesi dan adhesi antar molekul air dengan dinding kapiler xilem;
• Adanya daya kapiler xilem (pembuluh kayu) sekalipun hanya dapat menaikkan molekul air dalam pembuluh kayu dengan tinggi beberapa puluh meter;
• Adanya daya hisap dari daun yang memperlancar arus aliran molekul air yang berasal akar menuju batang dan akhirnya dikeluarkan dari daun melalui stomata atau kutikula.
Akibat positif transpirasi yaitu zat-zat yang larut di air tanah, berupa garam-garam tanah & zat hara lainnya ikut terhisap ke tubuh tanaman untuk keperluan hidupnya

Pengertian Taksisme
Dari  kata dalam bahasa Yunani “Taxis” = “susunan atau kedudukan”, Jadi taksisme yaitu Suatu gerak seluruh bagian tumbuhan menuju ke arah datangnya rangsang. Macam-macamnya antara lain:
• Kemotaksisme (chemis artinya kimia + taxis) yaitu gerak seluruh bagian tumbuhan menuju rangsang zat kimia, seperti gerak sperma menuju sel telur;
• Fototaksisme berasal dari kata “phos” yang mempunyai arti “cahaya” + taxis yaitu gerak seluruh bagian tumbuhan menuju rangsang cahaya, seperti gerak terlemparnya sporangium dari jamur Pilobolus ke arah datangnya cahaya matahari atau gerak pindah bakteri oksigen menuju ke bagian yang banyak mengandung oksigen (percobaan Engelmann).

Pengertian Tendon
Kata dari Bahasa Latin “Tendo” atau “tendere” yang mempunyai arti  “merentangkan” Suatu bagian otot yang melekat pada tulang, dan umumnya memiliki bagian yang menggenting (mengecil), mengandung serabut-serabut jaringan ikat yang elastis dan kuat. Tendo terbagi dua macam, yaitu:
• Bagian otot genting yang melekat pada tulang yang digerakkan disebut Insersio;
•Bagian otot genting yang melekat pada tulang yang menjadi tempat menarik gerakan otot disebut Origo.
Adapun bagian otot yang menggembung dan lepas dari tulang disebutnya ventrikel, dan selaput yang membungkus jaringan otot disebut sarkolemma.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain