Saturday 25 August 2018

Kamus Biologi : Pengertian Protista, Prothrombin, Protalium , Predatorisme, Pteridophyta

Pengertian Protista
(Gk. Protistos = pertama dari semua) adalah suatu kerajaan dari makhluk hidup yang menunjukkan sedikit terjadi diferensiasi jaringan, mencakup golongan Protozoa dan algae yang eukarion, sehingga golongan ini menunjukkan campuran ciri-ciri yang terdapat pada tumbuhan maupun hewan, hanya saja belum mampu membentuk jaringan kompleks.

Pengertian Prothrombin
(Gk. pro = sebelum; thrombos = bekuan, gumpalan) adalah Suatu protein dalam cairan darah yang dihasilkan oleh hati dengan bantuan vitamin K dan ion Ca++, beserta aktivator enzim trombokinase ia dapat berperan dalam proses pembekuan darah sewaktu terjadi luka pada tubuh. Sinonimnya adalah tronibinogcn. Dalam peristiwa pembekuan darah tersebut, setelah diaktifkan oleh kalsium dan trombokinase, protrombin berubah menjadi trombin yang berperan dalam mengubah fibrinogen menjadi fibrin. Fibrin adalah serabut protein darah yang secara aktif menjaring atan menahan keluarnya sel-sel darah dari lukanya.

Pengertian Protalium (Prothallium)
(Gk. Pro = sebelum ; Thallus = tunas muda) adalah suatu fase pertumbuhan pertama dari spora berupa lembaran kecil hijau yang menghasilkan alat-alat kelamin pada tumbuhan paku-pakuan sebagai fase gametofitnya. Ada jenis protalium, yaitu :
1. Protalium berumah satu (monoeicus), mempunyai arkegonium dan anteridium; ditemukan pada tumbuhan paku homospor, seperti Dryopteris, Lycopodium, dan Nephrolepis, dll.
2. Protalium berumah dua (dioeicus), jika hanya mempunyai arkegonium saja atau anteridium saja, seperti Salvinia, Selaginella.

Pengertian Predatorisme
(L. Praedator = pemangsa) adalah suatu hubungan kerjasama dua individu beda jenis di mana satu pihak dirugikan (karena menjadi mangsa organisme pasangannya) dan pihak pasangannya memperoleh manfaat dari hewan yang menjadi mangsanya. Contoh : kehidupan kucing dengan tikus sebagai mangsa, burung elang dengan ular sebagai mangsa, dan cecak dengan nyamuk sebagai mangsa.

Pengertian Pteridophyta
(Gk. Pteris = paku-pakuan; Phyton = tumbuhan) yaitu suatu golongan tumbuhan yang memiliki fase pergiliran keturunan yang dominannya adalah sporofitnya, sedangkan fase gametofitnya sangat singkat dan bentuknya kecil., berkembangbiak dengan spora yang sudah memiliki berkas pembuluh angkut. Dalam sistem klasifikasi yang modern, golongan tumbuhan paku-pakuan ini terbagi atas empat divisi, yaitu: Psilophyta (paku-pakuan tidak berdaun), Calamophyta (paku- pakuan berspora memiliki flagel, berdaun sisik, dan berbuku-buku batangnya) Lepidophyta (berdaun sisik atau rambut), dan Pterophyta (berdaun lebar).

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain