Sunday 19 August 2018

Pengertian Sympetalae, Sinartrosis, Stoma, Sporogonium, Spermatophyta


Pengertian Sympetalae
Dari bahasa Yunani : Syn, sym = bersambungan; Petalon = helaian mahkota bunga. Suatu golongan anak kelas dari tumbuhan dikotil yang memiliki susunan mahkota bunganya bersatu, sehingga bentuknya serupa tabung, lonceng, terompet, mangkok, dll. Bunga yang demikian memiliki bagian-bagian: limbus (bibir), faux (leher), dan tubus (tabung); dimiliki oleh bangsa tumbuhan Tubiflorae, mencakup golongan suku terung-terungan (Solanaceae), Apocynaceae (contoh: tapak dara), Labiatae (contohnya: tumbuhan kumis kucing), Convolvulaceae (contohnya: kangkung-kangkungan), dll.

Pengertian Synarthrosis,
Dari Bahasa Yunani : Syn = bersambungan; Arthron = sendi :  Suatu sistem persendian pada tulang yang tidak dapat digerakkan, seperti terjadi pada persambungan tulang-tulang tengkorak.
Lawannya adalah Diartrosis (Diathrosis), yaitu persendian tulang yang dapat digerakkan, seperti persendian engsel, sendi putar, sendi pelana, dan sendi peluru.

Pengertian Stoma
Dari Bahasa Yunani : Stoma = mulut; jamaknya stomata : Suatu lubang kecil pada epidermis yang di samping sel penjaga (guard cells) yang dapat menyebabkan membuka dan menutup stoma untuk mengatur pengeluaran air pada daun; yang dikenal dengan sebutan mulut daun. Stoma sangat berperan dalam kegiatan transpirasi daun dan penyerapan zat-zat dari sekelilingnya.
Mekanisme membuka/menutup stoma dipengaruhi oleh kegiatan fotosintesis daun dan tekanan turgor (menegangnya dinding sel akibat volume sel bertambah).
Pada siang hari terjadi fotosintesis, maka di dalam sel-sel penjaga terbentnk glukosa yang menyebabkan tekanan osmosisnya tinggi, sehingga mampu menyerap air dari sel-sel sekitarnya; akibatnya menyerap air tersebut, sel panjang memiliki tekanan turgor yang tinggi, dan akibat strukturnya yang khusus (ketebalan dinding sel-selnya tidak sama) menyebabkan stoma membuka; sedangkan pada malam hari terjadi hal yang sebaliknya sehingga sel stoma menutup.

Pengertian Sporogonium
Berasal dari Bahasa Yunani : Sporos = biji; Gotios = turunan : Suatu generasi sporofit pada tumbuhan lumut (Bryophyta) yang mengandung kapsul spora dengan tangkainya (seta) untuk menghasilkan spora-sporanya, yang tumbuh pada gametofitnya sebagai perkembangan dari ovum yang telah dibuahi di dalam arkegonium; bentuknya serupa jarum berkepala.
Sinonimnya adalah Sporofit.

Pengertian Spermatophyta
Dari Bahasa Yunani : Sperma = biji; Phyton = tumbuhan : Golongan tumbuhan yang menghasilkan biji sebagai alat perkembangbiakan generatifnya; disebut juga tumbuhan bunga (Anthophyta), karena biji asalnya dari perkembangan bunga yang telah mengalami penyerbukan dan pembuahan. Bunga biasanya terlihat jelas dan berfungsi sebagai alat penyerbukan atau alat perkawinan, sehingga tumbuhan yang menghasilkan bunga disebut Phanerogamae (Phaneros = jelas terlihat; gamos = alat perkawinan).
Sebaliknya, ada tumbuhan yang alat perkawinannya tidak jelas atau tersembunyi yang disebut golongan Cryptogamae (Gk. Kryptos = tersembunyi, + gamos).

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain