Tuesday 14 August 2018

Kamus Biologi : Pengertian Uterus, Uretra, Umbelliferae, Tropofil, Tropisme


Arti Uterus
Berasal dari Bahasa Latin “Uterus” = “rahim” yaitu Organ di dalam tubuh mamalia betina sebagai tempat ovum dan berkembang embrio, serta mendapatkan gizi bagi embrio hingga menjadi bayi sebelum dilahirkan.

Pengertian Uretra
Dari Bahasa Yunani Ourethra dari Ouron yang berarti urine. Jadi artinya adalah Saluran urine yang menghubungkan antara kantung seni dengan dunia luar tubuh sebagai saluran untuk membuang air seni dari dalam tubuh. Kantung seni (Vesica urinaria) merupakan satu jenis organ dari sistem ekskresi yang menampung air seni dari hasil penyaringan ginjal yang dikeluarkan melalui ureter. Adapun ureter adalah saluran seni yang menghubungkan rongga ginjal dengan kantung seni.

Arti Umbelliferae
Merupakan Bahasa Latin : “umbella” = “payung” dan “Ferae” = “mengandung”. Jadi artinya adalah suatu famili tumbuhan dikotil atau dari golongan Rosidae yang memiliki ciri utamanya adalah karangan bunganya berbentuk payung. Contohnya: adas (Funiculum vulgare) bermanfaat bunga dan buahnya untuk obat batuk, bahan campuran kecap dan obat lainnya.

Pengertian Tropofil
Daun pada tumbuhan paku-pakuan yang hanya berperan untuk kegiatan fotosintesis. Adapun daun yang khusus untuk menghasilkan spora disebut sporofil. Beberapa tumbuhan paku-pakuan antara tropofil ada dengan sporofil dapat dibedakan. Tumbuhan paku yang membentuk strobilus, sporofil biasanya lebih sempit daripada tropofllnya, tctapi pada tumbuhan paku yang membentuk sori antara keduanya adalah sama , baik ukuran maupun bentuknya.

Arti Tropisme
Berasal dari bahasa Yunani  “Trope”  = “menuju”. Tropisme yaitu Suatu gerak pertumbuhan pada tumbuhan sebagai gerak sebagian tubuh yang arahnya ditentukan oleh datangnya rangsang. Macam-macam gerak tropisme:
• Fototropisme (Phos = cahaya + trope), yaitu gerak tubuh bagian tumbuhan karena pengaruh cahaya matahari, seperti gerak tumbuh batang tumbuhan. Sinonimnya adalah heliotropisme (Helios = matahari + trope).
Geotropisme (Geo = bumi, tanah + trope), yaitu gerak tumbuh bagian tumbuhan karena pengaruh gaya tarik bumi, seperti gerak akar tumbuhan. Tigmotropisme (Thigma = sentuhan + trope), yaitu gerak tubuh bagian tumbuhan karena pengaruh persentuhannya, seperti gerak batang membelit pada tumbuhan lainnya dan gerak sulur membelit pada lainnya.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain