Monday 13 August 2018

Kamus Biologi : Pengertian VASEKTOMI , YGOMYCETES, VILLUS, VERTEBRATA


Pengertian VASEKTOMI (VASECTOMY) DAN TUBEKTOMI
Berasal dari kata “Vas efferentia” = “saluran sperma (mani)” dan kata “Tomy” yang artinya  “memotong” serta “tube fallopi” = “saluran telur” Pengertian umumnya yaitu suatu upaya dalam keluarga berencana lestari (KB Lestari) untuk suami dengan cara memotong saluran spermanya (Vas efferentia dan Vas deferens), sehingga dapat mencegah bertemunya sperma dengan ovum sewaktu terjadi sanggama (hubungan badan). Vas efferent dan vas deferens adalah saluran sperma yang menghubungkan testes (buah zakar) dengan kantung sperma (Vesicula seminalis)
Untuk perempuan, usaya dalam mencegah kehamilan secara lestari melalui cara dengan memotong saluran telur (oviduct atau tube fallopi) yang disebut tubektomi (tubectomy). Pengertian Tube fallopi = saluran telur pada wanita yang berfungsi untuk menghubungkan  ovarium dengan uterus, di sana terjadi fertilisasi atau pembuahan ovum oleh sperma.

Pengertian ZYGOMYCETES (ZYGOMYCOTINA)
Zygomycetes berasal dari Bahasa Yunani “Zygos” yang artinya  “menghasilkan peleburan dari dua garnet atau sel generatif” dan  “mykes” yaitu “jamur”. Jadi artinya  adalah suatu kelas jamur yang hifanya tidak bersekat dan belum memiliki alat kelamin, tetapi mampu melakukan perkembangbiakan generatif antara hifa positif dengan hifa negatif membentuk zigospora untuk menghasilkan sporangium dan spora-sporanya (sporangiospora). Contohnya: jamur tempe (Rhizopus stolonifer, memiliki rizoid) dan Mucor.

Pengertian VILLUS, VILLI

Berasal dari Bahasa Latin :  “Villi” artinya “jonjot”. Jadi villus adalah Jonjot-jonjot pada dinding permukaan dalam organ dalam yang bermanfaat untuk memperluas permukaannya. Contohnya:
• villi intestinales adalah jonjot-jonjot pada usus halus guna memperluas daerah penyerapan zat- zat makanan hasil pencernaan;
• villi cardiaci adalah jonjot pada kandung jantung;
• villi pleuralis adalah jonjot pada rongga dada.






Pengertian VERTEBRATA
Dari Bahasa Latin “Vertebrae” yang artinya “tulang belakang”. Vertebrata yaitu suatu anak filum dari hewan yang memiliki sumbu saraf atau otak (Chordata) dengan tubuhnya dilengkapi oleh rangka dalam (endoskeleton) berupa tulang belakang, mencakup kelas: Pisces (ikan), Amphibia (katak), Reptilia (hewan melata), Aves (burung), dan Mamalia (hewan menyusui). Untuk jelasnya simak gambar/BDK di bawah ini.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain