Thursday 8 November 2018

Studi Pembelajaran (Lesson Study)


Lesson study berasal dari sistem pendidikan di Jepang, yang disebut dengan istilah Jugyo kenkyuu tahun 1870. Jugyo kenkyuu berasal dari dua kata yaitu Jugyo yang berarti lesson atau pembelajaran dan kenkyuu yang berarti study, atau research yang berarti studi atau penelitian dan/atau pengkajian. Dengan demikian, .Jugyo kenkyuu atau lesson study adalah penelitian atau pengkajian tentang pembelajaran. Lesson study (LS) adalah suatu proses sistematis yang digunakan oleh guru- guru di Jepang untuk menguji keefektifan pembelajarannya dalam rangka meningkatkan mutu hasil pembelajaran (Garfield, 2006). Makoto Yoshida (2005) adalah orang yang dianggap berjasa besar dalam mengembangkan Jugyo kenkyuu di Jepang. Keberhasilan Jepang menerapkan lesson study pada tahun 199.S, diikuti oleh beberapa negara lain, termasuk Amerika Serikat yang dipopulerkan oleh Catherine Lewis (2004).
Lesson study (LS) adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip kolegalitas scrta mutual learning (saling belajar) untuk membangun learning community. LS bukan merupakan strategi, metode, atau model pembelajaran bagi siswa, melainkan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan guru secara kolaboratif guna memperbaiki kualitas pembelajaran serta mutu pendidikan.
Berdasarkan uraian tersebut, Saur Tampubolon berpendapat ada tujuh prinsip lesson study yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaannya, yaitu :
(1) pembinaan profesi pendidik,
(2) pengkajian pembelajaran dan penilaian berbasis kompetensi,
(3) kolaborasi,
(4) berkelanjutan,
(5) mutual learning (berbagi pengalaman belajar),
(6) kolegitas, dan
(7) komunitas belajar.
Sementara itu, Prayekti (2010) mengemukakan bahwa lesson study sangat efektif bagi guru karena memberikan keuntungan dan kesempatan kepada para guru untuk :
(1) memikirkan secara lebih cermat tentang tujuan dan materi ajar tertentu yang akan diberikan kepada siswa,
(2) memikirkan secara mendalam tentang tujuan-tujuan pembelajaran untuk mendukung kepentingan masa depan siswa,
(3) mengkaji hal-hal terbaik yang dapat digunakan dalam pembelajaran melalui In-lajar dari para guru lain (partisipan lesson study),
(4) mempelajari isi atau materi pelajaran dari guru lain sehingga dapat menambah pengetahuan tentang apa yang harus dibelajarkan kepada siswa,
(5) mengembangkan keahlian dalam pembelajaran, baik pada saat merencanakan pembelajaran maupun pelaksanaan kegiatan pembelajaran,
(6) membangun kemampuan melalui pembelajaran kolegial, dan
(7) mengembangkan the eyes to see students, yaitu dengan menghadirkan para pengamat/observer, agar perilaku belajar siswa bisa semakin detail dan jelas.
Sedangkan tujuan lesson study antara lain :
(a) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru membelajarkan (fasilitator),
(b) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran,
(c) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif,
(d) membangun sebuah pengetahuan pedagogis.
Manfaat lesson study bagi guru menurutnya adalah sebagai berikut :
(1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kinerjanya,
(2) guru dapat memperoleh umpan baik dari anggota/ komunitas lainnya, dan
(3) guru dapat mempublikasikan serta mendiseminasikan hasil belajar dari lesson study.
Lesson study di Indonesia dilaksanakan melalui tiga tahap (Saito, et al, 2005) berikut :
(1) tahap merencanakan (plan), yaitu perencanaan pembelajaran dan penyiapan media/alat pembelajaran,
(2) tahap pelaksanaan (do), yaitu pelaksanaan pembelajaran dan pengamatan oleh teman sejawat, dan
(3) tahap perefleksian (see) secara bersiklus dengan teman sejawat dan berkelanjutan atau LS = Plan + Do + See; seperti tersaji pada Bagan berikut ini.


Pada prinsipnya, tidak ada perbedaan antara pembelajaran rutin dan pembelajaran dalam konteks open house (dihadiri oleh observer). Hanya dalam lesson study ada pengamatan dan refleksi.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain