Thursday 8 November 2018

Bulan


Tetangga Terdekat Kita di angkasa luar adalah bulan. Benda ini mengorbit atau mengelilingi bumi. Sewaktu mengelilingi bumi, permukaannya yang menghadap ke bumi selalu sama. Bulan bukan tempat yang ramah. Tak seperti bumi, bulan tak punya atmosfer yang diperlukan agar suhu konstan. Karenanya, suhu permukaan bulan mencapai 115 C di siang hari dan -160 di malam hari. Di bulan tak ada air sehingga di sana juga tak ada tumbuhan dan hewan. Di permukaannya terbentang dataran luas. Di sana-sini ada pegunungan besar dan kawah. Bulan sebenarnya tak bercahaya. Tapi kita dapat melihatnya karena memantulkan cahaya matahari. Bulan adalah satelit (benda yang mengelilingi planet atau bintang). Ada banyak bulan lain yang mengelilingi planet di tata surya.
DATA BULAN
Jarak dari Bumi : 384,401 km
Diameter pada khatulistiwa : 3.477.8 km
Waktu 1 kali orbit : 27 hari, 7 jam, 43 menit
Waktu antara bulan purnama : 29 hari, 12 jam, 43 menit
Gravitasi pada permukaan : 1/6 gravitasi permukaan bumi
Kecemerlangan : 1/425.000 kecemerlangan matahari

Permukaan bulan pernah dibanjiri lahar yang tersembur dari perutnya karena ditabrak meteorit besar. Lahar itu lalu mengeras menjadi suatu dataran berpermukaan halus. yang disebut laut atau maria Hal itu terjadi lebih dari 4 miliar tahun lalu. Kawah- kawah yang ada di permukaan bulan umumnya terbentuk akibat tumbukan meteorit Tetapi ada juga yang merupakan akibat kegiatan gunung api
Terbentuknya Bulan : ada banyak teori tentang proses terbentuknya bulan. Dulu para ilmuwan menduga bahwa terjadinya bulan merupakan bagian dari bumi dan keduanya kemudian terpisah jutaan tahun lalu. Namun sekarang para astronom yakin bahwa bulan dan bumi terbentuk dari awan gas dan debu yang sama pada waktu yang bersamaan, yaitu sekitar 4,5 miliar tahun lalu.
LUNA 3
Sampai tahun 1959, bagian belakang bulan tidak pernah terlibat. Baru pada bulan Oktober 1959 sebuah pesawat angkasa luar Uni Soviet berhasil membuat foto bagian belakang bulan dan mengirimkannya ke bumi. Pesawat itu diberi nama Luna 3.
Tahun 1966 sebuah pesawat angkasa luar Uni Soviet bernama Luna 9 melakukan pendaratan pertama di bulan. Pesawat itu tak berawak. Pada bulan Juli 1969 Neil Armstrong dari AS berhasil turun dari Apollo 11. la menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain