Monday 12 November 2018

Keuntungan dan Kerugian Akibat Gaya Gesekan


Gaya gesekan ada yang bersifat menguntungkan dan ada yang bersifat merugikan bagi kehidupan manusia. Gaya gesekan yang muncul dalam mesin-mesin jelas merugikan, oleh karena itu manusia berusaha mengurangi gaya gesekan semacam ini. Tetapi, gesekan yang ada antara telapak kaki kita dengan tanah justru sangat penting bagi manusia, sehingga gesekan di sini sangat menguntungkan.
a. Gaya gesekan yang menguntungkan
Beberapa contoh gaya gesekan yang bersifat menguntungkan bagi kehidupan manusia antara lain:
• Gaya gesekan antara tubuh kita dengan benda-benda lain bermanfaat untuk melakukan berbagai kegiatan. Ketika berjalan, berlari, memegang benda, menulis, kita menggunakan gaya gesekan.
Mudahkah bagi kita untuk memegang sebuah benda yang licin? Sulit bukan? Bayangkan seandainya antara telapak kaki dan tanah tidak terjadi gaya gesekan, kita tidak bisa berjalan. Jika kita berjalan di atas lantai yang licin, maka kita akan terpeleset jatuh dan sulit untuk berjalan.

• Gaya gesekan digunakan dalam prinsip pengereman sepeda dan sepeda motor. Pada sepeda motor terdapat piringan rem, yang pada saat dilakukan pengereman, piringan rem ini tercengkeram oleh alat pencengkram. Gesekan antara piringan rem dengan pencengkraman ini menimbulkan gaya gesekan yang memaksa roda berhenti berputar. Pada sepeda, rem terbuat dari bantalan karet yang dapat diatur bersinggungan dengan roda apabila sepeda akan diperlambat.
• Gaya gesekan udara dengan parasut menyebabkan penerjun payung dapat melayang-layang di udara. Bila gesekan tidak ada, maka penerjun akan jatuh ke tanah dengan kecepatan yang sangat besar sehingga sangat berbahaya.
• Tanpa adanya gaya gesekan, kita tidak dapat mengatur tata letak perabotan-perabotan, misalnya meja, kursi, dan tempat tidur pada tempat yang tetap.
• Gesekan antara permukaan jalan raya dan permukaan ban mobil, yang menyebabkan mobil dapat melaju dengan aman di jalan raya.
• Gesekan antara meteor dengan atmosfer bumi, yang menyebabkan sebagian besar meteor habis terbakar sebelum sampai di permukaan bumi.
b. Gaya gesekan yang merugikan
Manusia telah lama mengenal gaya gesekan sebagai sesuatu yang merugikan, dan telah menciptakan cara-cara untuk mengatasi gaya gesekan yang merugikan tersebut. Berapa contoh gaya gesekan yang bersifat merugikan bagi kehidupan manusia antara lain:
• Gaya gesekan antara permukaan jalan dan roda kendaraan. Jalanan yang tidak rata menyebabkan gaya gesekan antara roda kendaraan darat dengan jalanan sangat besar, sehingga untuk mengatasinya, jalanan dilapisi dengan aspal. Dengan demikian gesekan antara jalan dengan roda menjadi lebih kecil, dan kendaraan dapat bergerak dengan lebih cepat. Di samping itu, karena gesekan permukaan air dengan sebuah benda di atasnya jauh lebih kecil daripada gesekan antara permukaan tanah dengan benda di atasnya, maka dibuatlah berbagai kendaraan air untuk perjalanan-perjalanan yang jauh.
• Gaya gesekan antara bagian-bagian yang berputar dalam sebuah mesin. Bila tidak dikurangi akan menyebabkan mesin cepat panas dan aus sehingga mesin cepat rusak. Oleh karena itu pada mesin- mesin yang berputar perlu diberikan cairan pelumas sehingga gesekan antara bagian-bagian yang berputar di dalamnya dapat dikurangi. Cara lain untuk mengurangi gesekan dalam mesin-mesin yang berputar adalah dengan memasang bola peluru-bola peluru di antara bagian-bagian yang berputar. Ini biasanya dilakukan pada bagian mesin yang berputar pada satu poros. Contoh yang paling sederhana adalah pada poros roda sepeda.

.• Ternyata, udara pun dapat memberikan gaya gesekan, misalnya pada mobil yang sedang bergerak. Besar kecilnya gesekan udara ini tergantung pada bagaimana bentuk mobil tersebut. Bentuk mobil yang dapat memperkecil gaya gesekan udara disebut bentuk mobil yang aerodinamis. Hal yang sama juga terjadi pada pesawat terbang.

Penulis : I.N Perwita

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain