Friday, 9 November 2018
Iklan
Papan reklame besar di
pinggir jalan dan iklan kecil di koran memiliki tujuan sama, yaitu memberi tahu
kita tentang produk yang tersedia dan berusaha mempengaruhi kita agar memilih
merek tertentu. Awalnya iklan lebih ditujukan untuk lingkungan kecil, namun
sekarang iklan melalui televisi mampu menjangkau jutaan orang. Pedagang cli
pasar meneriakkan dagangan mereka, sementara toko-toko memasang papan iklan
untuk menunjukkan dagangan mereka. Periklanan modern muncul sekitar 150 tahun
lalu, ketika pabrik mulai memproduksi barang dalam jumlah banyak. Koran memuat
segala macam iklan, mulai dari iklan topi sampai obat-obatan. Kini, periklanan
merupakan bagian dari bisnis pemasaran yang meliputi desain produk, persaingan
harga, pengepakan, clan etalase toko. Iklan ada di mana-mana. Selain cli
televisi dan radio, iklan juga disiarkan melalui rekaman musik, badan
kendaraan, serta asap pesawat terbang. Pesan iklan sering memikat kita, tapi
tidak semua iklan baik. Hukum melindungi konsumen terhadap iklan yang menyesatkan.
Di beberapa negara ada larangan untuk iklan produk yang membahayakan, seperti
tembakau dan alkohol.
Peluncuran Produk Baru
Biaya pembuatan iklan
sangat mahal. Maka sebelum meluncurkan coklat jenis baru, perusahaan coklat
harus yakin bahwa produk mereka menarik orang untuk membeli.
Lembar Panduan Cer1ta
(Storyboard)
Sebelum membuat iklan,
pengarangnya harus membuat rangkaian gambar dengan urutan adegannya. Bentuknya
seperti komik. Pengarang wacana iklan lantas membuat naskah dan semboyan sesuai
dengan gambar-gambar itu.
Riset Pasar
Ratusan orang
mencicipi coklat dan menjawab beberapa pertanyaan tentang coklat itu, sebelum
produk tersebut dijual. Mereka memberikan opini tentang harga, nama, ukuran,
dan pembungkusnya. Proses ini disebut riset pasar.
Kampanye
Pengusaha mempunyai
dana iklan yang terbatas. Karenanya, sebagian besar iklan ditampilkan dalam
bentuk kampanye (kegiatan pemasaran secara serentak di berbagai media). Selama
kampanye, iklan hanya ditayangkan pada ruang dan waktu tertentu yang dipilih secara
hati-hati. Misalnya, iklan coklat ditayangkan di televisi dalam acara anak-anak
pada sore hari. Iklan cetaknya muncul di
majalah remaja.
Iklan Layanan
Masyarakat
Program pemerintah
dapat disampaikan kepada masyarakat melalui iklan layanan masyarakat, misalnya
ajakan untuk disiplin. Poster ini mengingatkan kita agar selalu menjaga
kebersihan.
Coca-Cola
Iklan yang sukses
membuat suatu produk dikenal, sehingga konsumen membeli dengan menyebut namanya
saja. Ciri khas produk terkenal disebut merek. Beberapa merek dijual ke seluruh
dunia. Contohnya Coca-Cola yang diciptakan di AS tahun 1886. Sejak awal,
pembuat Coca-Cola mengiklankannya secara luas dengan simbol khusus berupa
huruf-huruf elegan berwarna merah. Dalam waktu 10 tahun, Coca-Cola sudah sangat
terkenal. Bahkan kini merek dagang ini sudah sangat dikenal dalam berbagai
jenis abjad.
Labels:
IPS,
Pendidikan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment