Friday 9 November 2018

Iklan


Papan reklame besar di pinggir jalan dan iklan kecil di koran memiliki tujuan sama, yaitu memberi tahu kita tentang produk yang tersedia dan berusaha mempengaruhi kita agar memilih merek tertentu. Awalnya iklan lebih ditujukan untuk lingkungan kecil, namun sekarang iklan melalui televisi mampu menjangkau jutaan orang. Pedagang cli pasar meneriakkan dagangan mereka, sementara toko-toko memasang papan iklan untuk menunjukkan dagangan mereka. Periklanan modern muncul sekitar 150 tahun lalu, ketika pabrik mulai memproduksi barang dalam jumlah banyak. Koran memuat segala macam iklan, mulai dari iklan topi sampai obat-obatan. Kini, periklanan merupakan bagian dari bisnis pemasaran yang meliputi desain produk, persaingan harga, pengepakan, clan etalase toko. Iklan ada di mana-mana. Selain cli televisi dan radio, iklan juga disiarkan melalui rekaman musik, badan kendaraan, serta asap pesawat terbang. Pesan iklan sering memikat kita, tapi tidak semua iklan baik. Hukum melindungi konsumen terhadap iklan yang menyesatkan. Di beberapa negara ada larangan untuk iklan produk yang membahayakan, seperti tembakau dan alkohol.


Peluncuran Produk Baru
Biaya pembuatan iklan sangat mahal. Maka sebelum meluncurkan coklat jenis baru, perusahaan coklat harus yakin bahwa produk mereka menarik orang untuk membeli.
Lembar Panduan Cer1ta (Storyboard)
Sebelum membuat iklan, pengarangnya harus membuat rangkaian gambar dengan urutan adegannya. Bentuknya seperti komik. Pengarang wacana iklan lantas membuat naskah dan semboyan sesuai dengan gambar-gambar itu.
Riset Pasar
Ratusan orang mencicipi coklat dan menjawab beberapa pertanyaan tentang coklat itu, sebelum produk tersebut dijual. Mereka memberikan opini tentang harga, nama, ukuran, dan pembungkusnya. Proses ini disebut riset pasar.
Kampanye
Pengusaha mempunyai dana iklan yang terbatas. Karenanya, sebagian besar iklan ditampilkan dalam bentuk kampanye (kegiatan pemasaran secara serentak di berbagai media). Selama kampanye, iklan hanya ditayangkan pada ruang dan waktu tertentu yang dipilih secara hati-hati. Misalnya, iklan coklat ditayangkan di televisi dalam acara anak-anak pada sore hari. Iklan cetaknya muncul  di majalah remaja.


Iklan Layanan Masyarakat
Program pemerintah dapat disampaikan kepada masyarakat melalui iklan layanan masyarakat, misalnya ajakan untuk disiplin. Poster ini mengingatkan kita agar selalu menjaga kebersihan.
Coca-Cola
Iklan yang sukses membuat suatu produk dikenal, sehingga konsumen membeli dengan menyebut namanya saja. Ciri khas produk terkenal disebut merek. Beberapa merek dijual ke seluruh dunia. Contohnya Coca-Cola yang diciptakan di AS tahun 1886. Sejak awal, pembuat Coca-Cola mengiklankannya secara luas dengan simbol khusus berupa huruf-huruf elegan berwarna merah. Dalam waktu 10 tahun, Coca-Cola sudah sangat terkenal. Bahkan kini merek dagang ini sudah sangat dikenal dalam berbagai jenis abjad.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain