Friday 9 January 2015

Sumber Daya Udara (Dengan File Powerpoint)


Udara adalah sumber daya yang tidak bisa di lihat oleh mata kita, tidak memiliki bau, dan tidak memiliki rasan. udara hanya dapat dilihat dari adanya tiupan angin yang menggerakkan benda-benda, seperti dedaunan pada pohon yang tertiup angin, air laut yang bergelombang, dan lain - lain. Meskipun demikian, udara adalah merupakan salah satu jenis sumber daya alam, sama seperti tanah, air, bahan – bahan hasil pertambangan, laut, tumbuhan dan hewan. 
Udara sebagai salah satu sumber daya alam memiliki fungsi banyak bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Makhluk hidup seperti manusia dan hewan membutuhkan udara untuk kegiatan bernapas. Tumbuhan juga membutuhkan udara untuk melakukan proses fotosintesis, fotositesis merupakan  proses pembentukan atau pemasakan zat makanan glukosa (karbohidrat) pada tumbuhan. Zat makanan glukosa yang dihasilkan oleh tumbuhan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia dan hewan. 
Lapisan Udara yang ada di atas permukaan bumi atau yang di kenal dengan nama atmosfir  juga berfungsi melindungi seluruh kehidupan di bumi dari radiasi sinar ultraviolet  dan benda-benda langit yang jatuh ke permukaan bumi. Lapisan udara yang ada di atas permukaan bumi atau atmosfer yang menyelubungi bumi menyaring radiasi ultraviolet secara langsung yang dapat mengganggu kehidupan yang ada di bumi. Benda langit yang jatuh ke permukaan bumi juga akan hancur bergesekan dengan lapisan udara atau atmosfir sebelum sampai ke permukaan bumi. Benda-benda langit tidak akan banyak yang sampai ke bumi sehingga  tidak membahayakan kelangsungan kehidup manusia dan makhluk hidup lain di bumi. 
Udara itu sendiri terdiri atas beberapa unsur utama, seperti udara kering, uap air (udara lembab), dan aerosol. Udara kering adalah unsur paling utama pembentuk udara, terdiri atas campuran beberapa gas seperti nitrogen, oksigen dan uap air.  Sebagian besar dari unsur penyusun udara kering adalah 78% nitrogen, kemudian berikutnya  21% oksigen dan unsur uap air 1%  yang persentasenya kecil.
Dalam udara juga terdapat pula uap air atau udara lembab yang berasal dari hasil penguapan juga disebut evaporasi. Proses pemanasan alami oleh panas cahaya matahari yanng mengakibatkan kantong - kantong air seperti sungai, danau, waduk dan laut, sebagian akan berubah menjadi uap air yang akan mengisi udara di atasnya. Karena itu lah, uap air tersebar secara tidak merata di permukaan bumi. Persebaran uap air sangat bergantung pada intensitas atau tingkatan penyinaran sinar matahari dan keberadaan kantong – kantong  air di suatu daerah tersebut. 
Selain unsur utama udara kering dan uap air (udara lembab), dalam udara juga terdapat unsur utama yang lain yaitu aerosol. Aerosol adalah partikel - partikel berukuran kecil yang karena beratnya sangat ringan, ia dapat beterbangan di udara. Aerosol bisa berupa partikel debu, asap karbon, awan dan kabut.

Aerosol dapat dengan mudah kita lihat ketika ada cahaya matahari yang masuk melalui celah - celah pada suatu bangunan atau tempat lain. Partikel - partikel kecil yang melayang-layang akan terlihat dengan jelas oleh mata kita.  Aerosol, sangat bermanfaat untuk kondensasi (pengembunan) dan terbentuknya hujan. Ketika uap air atau udara lembab berubah menjadi titik - titik air, uap air memerlukan tempat untuk bertengger. Tempat itu adalah partikel-partikel berukuran kecil yang melayang - layang di udara atau biasa disebut aerosol. Tanpa aerosol, hujan pun akan sukar terjadi.

Jika anda membutuhkan file berbentuk powerpoint sumber daya udara bisa download di sini.

Video Youtubenya bisa dilihat di bawah ini


No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain