Friday 23 January 2015

Kegiatan Produksi - powerpoint

Kegiatan produksi merupakan usaha manusia dalam memproduksi atau menjadikan suatu barang atau jasa yang berharga ekonomi bertambah tinggi. Aktifitas produksi juga bisa dibilang sebagai aktifitas manusia yang menghasilkan atau meningkatkan kegunaan dari suatu barang atau jasa buat memenuhi kebutuhan setiap hari manusia. Contohnya, pabrik kain (tekstil) mengolah bahan mentah dari bahan serat kain menjadi kain, lalu kain diolah lagi dijadikan pakaian yang siap untuk dipakai. Kain yang diproduksi sudah bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan setiap hari sandang manusia, akan tetapi apabila diolah menjadi pakaian kain (tekstil) itu akan lebih berguna. Orang atau lembaga yang melaksanakan kegiatan menghasilkan (produksi) dinamakan produsen. kegiatan produksi bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan bidang usaha yang mengolah sumber dayanya. kegiatan produksi menurut bidang usahanya mempunyai beberapa jenis seperti berikut.
1) Bidang usaha ekstraktif ialah aktifitas produksi yang bergerak pada bidang pengambilan atau pemanfaatan sumber  daya alam dengan secara langsung tidak diolah terlebih dahulu  Misalnya, penambang yang mengambil hasil tambang atau  nelayan yang menangkap ikan di  laut.
2) Bidang usaha agraris ialah aktifitas produksi yang bergerak pada bidang pengolahan atau menggarap tanah. seperti, para petani yang melakukan aktifitas mengolah tanah untuk digarap sebagai sawah atau  kebun.
3) Bidang usaha industri ialah aktifitas produksi yang  bergerak di bidang pengolahan dari bahan mentah dijadikan barang setengah jadi atau barang yang sudah jadi. contohnya, industri pengolahan  biji besi menjadi besi, industri makanan, dan kerajinan.
4) Bidang usaha perdagangan ialah aktifitas produksi yang sifatnya meningkatkan nilai guna suatu barang dengan proses menjual suatu barang dari penghasil barang (produsen) ke pembeli (konsumen). Suatu barang akan bertambah nilai guna jika berada di wilayah yang sangat membutuhkan,  maka seharusnya aktifitas niaga pun termasuk dalam kegiatan menghasilka  (produksi). Seperti contoh sayur - mayur di daerah pedesaan dikirim ke kota yang sangat  membutuhkan atau  barang - barang yang disimpan di dalam gudang pabrik akan  sangat bermanfaat jika distribusikan atau dijual kepada pembeli yang sangat membutuhkan. misalnya Contoh usaha penghasil  (produksi) di bidang perdagangan seperti : distributor, toko kelontong, pasar, atau supermarket.
5) Bidang usaha jasa ialah aktifitas produksi yang bergerak di   bidang pelayana atau  jasa. seperti jasa trevel, bank, pos, rumah makan, rumah sakit, hotel, dan bengkel.


Aktifitas produksi tidak dilakukan tanpa adanya faktor-faktor produksi barang atau sumber daya ekonomi.  Faktor yang mempengaruhi produksi bisa dibedakan menjadi 4 faktor produksi, yaitu faktor alam, faktor sumber daya manusia atau tenaga kerja, faktor permodalan dan faktor kewirausahaan. Faktor produksi alam dan sumber daya manusia dinamakan faktor produksi asli, sebaliknya faktor produksi permodalan dan kewirausahaan dinamakan faktor produksi turunan. Faktor alam dan sumber daya manusia dinamakan faktor produksi asli disebabkan oleh dua faktor tersebut, manusia sudah dapat memproduksi barang.

Bagi Bapak dan Ibu pengajar yang ingin file powerpoint kegiatan produksi bisa download di sini

Video kegiatan produksi di bawah ini




No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain