Tuesday 20 January 2015

Potensi Sumber Daya Tambang (powerpoint)

Indonesia adalah beberapa dari negara di dunia yang sangat kaya akan sumber daya alam bahan tambang. Bermacam - macam bahan tambang yang ada untuk memasok kebutuhan dalam negeri maupun kebutuhan luar negeri. Kegiatan pertambangan sudah menghasilkan sangat banyak devisa bagi negara.
a. Minyak Bumi dan Gas
Minyak bumi dan gas adalah sumber daya yang menghasilkan energi yang paling utama pada waktu ini sangat umum dipergunakan untu
k memenuhi kebutuhan dalam kegiatan industri, transportasi, dan pada rumah tangga. Pada waktu ini sudah dikembangkan sumber energi alternatif, seperti bioenergi dari beberapa jenis tumbuhan dan sumber adaya energi lainnya, contohnya energi matahari (surya), angin, dan gelombang. Tetapi, yang menghasilkan energi dari sumber daya energi alternatif masih sangat sedikit jumlahnya.
Cadangan minyak mentah di negara Indonesia setiap hari terus berkurang bersamaan dengan pengeboran atau eksploitasi yang terus - menerus dilakukan. Beberapa ilmuan memperkirakan kalau dalam periode waktu 14 tahun yang akan datang, cadangan minyak mentah ini akan habis dan negara kita terpaksa harus mengimpor atau membelinya dari negara lain.
b. Batu Bara
  Batu bara merupakan jenis batuan sedimen yang proses terbentuknya dari sisa tanaman yang sudah mati dan mengendap dalam jangkah waktu jutaan tahun silam. Unsur-unsur yang menyusun batu bara adalah gas karbon, oksigen, dan hidrogen.  Batu bara biasa dipergunakan untuk sumber energi dalam segala keperluan. Energi yang bisa dihasilkan oleh batu bara bisa dipergunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik, juga untuk keperluan memasak rumah tangga, bahan bakar pada industri pembuatan batu bata atau genteng, industri semen, batu kapur, industri bijih besi dan baja, perindustrian bahan kimia, dan banyak lain.
Cadangan batu bara di negara kita hanya sebanyak 0,5% dari cadangan batu bara yang ada di dunia. Tetapi, diperhatikan pada produksinya, cadangan batu bara di negara kita adalah yang terbesar ke-6 di dunia dengan kapasitas yang bisa dihasil mencapai 246 juta ton. Batu bara bisa ditemui di beberapa pulau di Indonesia, yaitu seperti di pulau Kalimantan dan pulau Sumatra. Potensi sumber daya tambang batu bara di pulau kalimatan dan sumatra tersebut sangat melimpah.
c. Bauksit
Bauksit merupakan sumber bijih utama dalam produksi aluminium. Bauksit sangat berguna dalam industri pengolahan logam, kimia, dan matulergi. Negara kita mempunyai potensi bauksit yang cukup melimpah dengan bauksit yang bisa dihasilkan mencapai 1.262.710 ton. Sebagian dari produksi pertambangan bauksit digunakan pada industri dalam negeri negara kita dan sebagian lainnya diekspor ke luar negeri. Bauksit bisa dijumpai ditambang di daerah provinsi Riau tepatnya di Pulau Bintan dan provinsi Kalimantan Barat tepatnya di daerah Singkawang.
d. Pasir Besi
Pasir besi biasa digunakan untuk perindustrian logam besi dan semen. Kegiatan penambangan pasir besi bisa kita dijumpai di daerah Cilacap provinsi Jawa Tengah, pulau Sumatra, Lombok,D.I Yogyakarta, Gunung Tegak di provinsi Lampung, Pegunungan Verbeek yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan, dan Pulau Sebuku di provinsi Kalimantan Selatan.
e. Emas
Emas biasanya digunakan untuk membuat berbagai kerajinan perhiasan. Berdasarkan pada informasi Tekmira ESDM, hasil emas di negara kita pada tahun 2003 mencapai 141.019 ton. Logam muliah emas antara lain bisa dijumpai ditambang di daerah Jawa Barat seperti di Cikotok dan Pongkor, Papua perusahaan Freeport, Timika, provinsi Kalimantan Barat di daerah Sambas, provinsi Nanggroe Aceh Darussalam di daerah Meulaboh, Sulawesi Utara di daerah Bolaang Mongondow dan Minahasa, kepulauan Riau di daerah Logos, dan di Bengkulu daerah Rejang Lebong.
f. Timah
Timah digunakan sebagai bahan utama logam pelapis, solder, kerajinan, dan banyak yang lain. Kegiatan penambangan timah bisa dijumpai di sepanjang Sungai Liat di Pulau Bangka, Manggara di Pulau Belitung, Dabo di Pulau Singkep dan Pulau Karimun.
g. Tembaga
Tembaga biasa banyak digunakan dalam industri pembuatan peralatan listrik, industri konstruksi, industri pembuatan pesawat terbang, pembuatan kapal laut, atap bangunan, saluran pipa ledeng, dekorasi pada rumah, mesin-mesin pengolah pertanian, mesin pengatur suhu pada ruangan, dan masih banyak lagi. Kegiatan penambangan tembaga bisa dijumpai di PT. Freeport papua.
h. Nikel
Nikel merupakan bahan campuran logam yang biasa banyak dimanfaatkan pada industri logam. Pertambangan nikel bisa dijumpai di daerah Soroako, provinsi Sulawesi Tenggara. Daerah lain di Indonesia yang memiliki potensi nikel yang melimpah adalah di Papua dan provinsi Maluku.
i. Aspal  
Aspal biasa di manfaatkan sebagai bahan baku utama pada proyek pembuatan jalan. Tambang aspal bisa dijumpai di Pulau Buton, provinsi Sulawesi Tenggara.
j. Mangan  
Mangan sangat banyak dimanfaatkan pada proses produksi besi baja, produksi baterai kering, pembuatan keramik, gelas, dan lain - lain. Tambang mangan bisa dijumpai di daerah Tasikmalaya provinsi Jawa Barat, Kiripan di provinsi D.I Yogyakarta, dan Martapura di provinsi Kalimantan Selatan.
k. Belerang  
Belerang banyak banyak dijumpai di daerah sekitar Gunung Welirang di provinsi Jawa Timur dan Gunung Patuha di provinsi Jawa Barat.
l. Marmer  
Marmer tercipta dari proses peralihan batuan gamping atau batuan kapur. Pada suhu dan tekanan  bekerja pada batuan gamping disebabkan oleh adanya energi endogen atau energi dari dalam bumi. Batu marmer umumnya dimanfaatkan untuk kerajian seni pahat, seperti patung, bagian dari meja, dinding bangunan, lantai rumah atau bangunan, dan banyak lagi. Batu marmer ditambang di beberapa daerah seperti Tulungagung di provinsi Jawa Timur, provinsi Lampung, dan daerah Makassar.
m. Yodium  
Yodium biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku utama pada larutan obat dalam campuran alkohol, indrustri kesehatan, herbisida, industri pembuatan desinfektan, juga dimanfaatkan pada garam biar lebih sehat. Tambang Yodium bisa di jumpai di daerah Semarang di provinsi Jawa Tengah dan di kab. Mojokerto di provinsi Jawa Timur.

Bagi Bapak dan Ibu Guru yang ingin file potensi sumber daya tambang powerpoint bisa download di sini

Video youtubenya ada di bawah ini




No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain