Saturday 24 January 2015

Kegiatan Konsumsi (powerpoint)

Kegiatan konsumsi merupakan aktifitas ekonomi yang sifatnya menghabiskan, atau mengurangi manfaat dan nilai produk dari proses produksi (barang atau jasa) buat memenuhi kebutuhan. Seseorang atau kelompok (lembaga) yang melaksanakan aktifitas konsumsi dinamakan konsumen.  Kegiatan konsumsi bisa dilaksanakan oleh keluarga rumah tangga, perusahaan, dan negara atau kerajaan.

1) Kegiatan Konsumsi keluarga Rumah Tangga dalam keluarga Rumah tangga umumnya terdiri dari ayah, ibu,  dan anak-anak. Seperti berikut aktifitas konsumsi pada rumah tangga  ialah dalam pemenuhan kebutuhan seperti sandang dan pangan, tempat tinggal, listrik ataupun alat komunikasi.
2) Kegiatan Konsumsi Perusahaan, Perusahaan adalah tempat terjadinya proses  produksi. Pada waktu memproduksi suatu barang, perusahaan membutuhkan bahan baku, pekerkerja, dan dana awal. Perusahaan pada hal ini tidak hanya menjalani aktifitas produksi  akan tetapi juga menjalani aktifitas konsumsi untuk tujuan menghasilkan (produksi) barang maupun jasa.
3) Kegiatan Konsumsi Negara atau kerajaan,  Kegiatan konsumsi negara atau kerajaan berbeda dengan kegiatan konsumsi rumah tangga dan perusahaan. Konsumsi pada negara atau kerajaan untuk tujuan memenuhi pelayanan kebutuhan rakyat. Biaya yang dipakai dalam konsumsi negara biasanya diperoleh dari rakyat. Negara pada setiap penghujung tahun membentuk rancangan anggaran belanja negara atau kerajaan. Hal tersebut dilaksanakan agar pengeluaran pemerintah bisa sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh rakyat.

Kegiatan konsumsi tersebut sangat penting  untuk keberlangsungan kehidup manusia, atetapi ini tidak berarti perilaku boros bisa dibenarkan. Manusia harus tetap mempertimbangkan besarnya penghasilan dan patut selektif pada saat melakukan konsumsi. Manusia patut mendahulukan kebutuhan yang dikira sangat penting.

Untuk hal ini sebaiknya setiap manusia perlu membuat skala prioritas kebutuhan yang harus sesuai dengan penghasilannya. Hal tersebut mempunyai tujuan untuk menghindari pengeluaran biaya yang tidak sesuai dengan penghasilan.  

Bagi yang menginginkan file powerpoint kegiatan konsumsi bisa download di sini

Dan bagi yang suka nonton youtube kegiatan ekonomi bisa dilihat di bawah ini




No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain