Thursday 1 January 2015

guru yang lucu

Mungkin sebagian kita merasa tidak merasa perlu untuk tampil lucu di siswa, padahal lucu atau humoris itu adalah sebagian daya trik seorang guru dalam pembelajaran di kelas. Siswa akan tertarik mengikuti pelajaran jika guru tersebut lucu.
Bayangkan setiap kali mengajar hanya melihat anak-anak yang merasa bosen melihat kita di depan kelas, alur pelajaran yang kita lakukan cenderung landai dan membosankan, sehingga munculah wajah-wajah yang bosan dn mengantuk didepan kita. Apalagi saat melakukan pelajaran klasikal yang menuntut banyak menerangkan semakin membuat siswa menjadi ingin cepat menyelesaikan pelajarannya.


Pertanyaan selanjutnya adalah apakah menjadi humoris atau lucu itu bisa dipelajari ?
Saya rasa memang bisa untuk belajar menjadi lucu. 
1. Kita harus yakin bahwa diri kita itu lucu. Cara ini ditujukan agar kita bisa percaya diri dalam menyampaikan kelucuan atau humor di depan kelas. Katakan ke hati kita bahwa 'aku lucu, benar-benar lucu'.
2.Biasakan untuk membaca yang lucu-lucu. Misalnya majalah humor, tebak-tebakan lucu  atau surfing mencari website yang berisi cerita-cerita lucu. 
3.Jika menggunakan powerpoint maka di slide yang kita buat bisa diselipkan gambar lucu yang bisa kita dapatkan dari internet. Gambar tersebut cukup ampuh membangkitkan ketawa siswa. 
4. Selain itu bisa juga kita selipkan video yang lucu bisa kita download melalui youtube. Dengan sedikit kesabaran kita bisa mencari video-video lucu di youtube.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain