Thursday 26 February 2015

Aktivitas Pertambangan dan Aktivitas Kehutanan

Aktivitas Pertambangan
Perusahaan dibidang pertambangan dikelola/dijalankan oleh pemerintah atau swasta. Banyak dari perusahaan swasta yang berasal dari luar wilayah Indonesia yang ikut serta melaksanakan kegiatan penambangan dengan pola bagi hasil dengan pemeritah Republik Indonesia. Minyak (mentah) bumi dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai keperluan, baik keperluan rumah tangga, kebutuhan industri, kebutuhan kendaraan bermotor sa
mpai juga utuk kebutuhan PLN (Perusahaan Listrik Negara). Produksi minyak (mentah) bumi di Indonesia sepanjang tahun 2011 mencapai kurang lebih mencapai 329.249 ribu barel. Sedangkan, produksi gas alam Indonesia mencapai angka kurang lebih 3.256.379 MMSCF/Million Standard Cubic Feet. Pencapaian angka produksi tersebut tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan karena sebagian diantaranya adalah diimpor dari luar negeri.
Pemanfaatan pada sumber daya alam (SDA) tambang lainnya adalah hasil tambang batu bara. Hasil tambang berupa batu bara dimanfaatkan untuk kebutuhan pada rumah tangga seperti memasak dan kebutuhan berbagai bidang industri seperti contoh industri peleburan besi baja dan pengolahan semen. Produksi tambang batu bara di wilayah Indonesia sepanjang tahun 2011 kurang lebih mencapai 353.387.341 ton. Hasil tambang Batu bara yang diproduksi sebagian besar akan diekspor ke luar negeri seperti di negara Jepang, Korea Selatan, Cina, India dan juga sebagian lagi digunakan untuk memenuhi kebutuhan didalam negeri sendiri.

Aktivitas Kehutanan
Sumber daya alam (SDA) yang sangat banyak dan berlimpah di wilayah Indonesia merupakan sumber daya alam (SDA) berupa hutan. Hutan sudah sangat lama dimanfaatkan masyarakat/penduduk untuk berbagai keperluan atau kebutuhan, baik untuk sumber utama pangan, sebagai penghasil kayu untuk bangunan serta juga sebagai sumber daya tambang dan juga mineral yang berharga. Pemanfaatan sumber daya hutan kemudian dikerjakan secara serius dengan mengambil hasil sumber daya hutan yang ada di area tersebut secara besar-besaran.

Kegiatan penebangan sumber daya hutan terus dilaksanakan untuk diambil hasil kayunya dan juga dijadikan sebagai lahan pertanian dan juga lahan perkebunan. Dan berakibat, luas area hutan di wilayah Indonesia semakin lama berkurang dan banyak mengalami kerusakan. Tidak sedikit beragam spesies tumbuhan atau hewan yang terancam punah malah sudah punah. Kayu adalah hasil sumber daya hutan yang paling banyak
dimanfaatkan oleh masyarakat/penduduk di wilayah Indonesia, misalnya untuk digunakan sebagai bahan bangunan atau furniture, bahan bakar (memasak), dan banyak lagi. Karena itu, agar sumber daya hutan tidak mengalami kerusakan, pemerintah menjadikan beberapa kawasan untuk dikelolah dan dikembangkan sebagai hutan produksi. Kawasan hutan yang memang secara sengaja ditanami tanaman tertentu untuk diambil hasil kayunya. Industri kehutanan beberapa waktu ini terus dikembangkan untuk bisa memenuhi kebutuhan yang setiap waktu terus meningkat.

Video Youtube Aktivitas Pertambangan



Video Youtube Aktivitas Kehutanan


No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain