Saturday 21 February 2015

Akar

Tahukah kalian semua apa fungsi dari akar bagi tanaman/tumbuhan? Akar adalah bagian organ yang paling penting. Tumbuhan bisa bertahan dan menancap di dalam tanah sebab adanya akar. Tumbuhan pun bisa berfotosintesis sebab akar berfungsi menyuplai air yang didapat dari tanah. Kemudian, bagaimana akar tumbuhan bisa terbentuk? Apa saja jenis-jenis akar yang kalian ketahui?
Berbeda dengan organ tumbuhan lain seperti batang yang pertumbuhannya terus memanjang ke ara atas, tetapi akar pada tumbuhan pertumbuhannya ke ara bawah. maka, semakin lama akar pada tumbuhan akan tumbuh terus memanjang terus masuk dalam tanah.
Pada sebuah gambar penampang bagian akar muda di samping ini terlihat ada beberapa bagian, yakni bagian rambut/serabut akar, meristem apikal, serta tudung akar. Rambut/serabut akar sangat berperan dalam usaha menyerap air/mineral dari dalam tanah. Meristem apikal adalah jaringan pada bagian akar yang senantiasa melakukan pembelahan menjadiakan bagian akar tersebut selalu bertambah panjangnya.
Macam-Macam Akar
Berdasarkan jenis/macam tumbuhannya, akar pada suatu tumbuhan terbagi menjadi dua jenis/macam, yakni jenis akar serabut dan jenis akar tunggang. Akar serabut mempunyai bentuk berserabut, dimana akar tersebut tidak mempunyai akar pokok. Akar yang muncul dari pangkal batang tumbuhan sehingga menjadi bentuk serabut. Akar tersebut dipunyai oleh tumbuhan jenis berkeping satu atau biasa disebut monokotil, seperti tanaman padi, pohon kelapa, dan tanaman jagung.
Akar tunggang adalah akar pokok yang membentuk bercabang-cabang menjadi bagian akar yang lebih kecil. Akar ini dipunyai oleh tumbuhan jenis berkeping dua atau biasa disebut dikotil, seperti pohon mangga, pohon jeruk, dan jenis tumbuhan kacang-kacangan.

Apa saja Fungsi Akar?
Akar mempunyai fungsi sebagai alat menopang agar suatu pohon tetap berdiri. Jika diibaratkan sebuah pohon itu sebagai bangunan maka akar merupakan fondasi bangunan tersebut. Semakin bertambah tingginya bangunan maka fondasinya pula harus semakin menancap dalam tanah agar bangunannya tidak roboh. Begitu pula sebuah pohon, semakin tinggi sebuah pohon maka akarnya harus menancap dalam ke tanah agar sebuah pohon tersebut tidak tumbang.
Disamping juga sebagai penopang pada tumbuhan, akar juga mempunyai fungsi sebagai bagian organ dari tumbuhan yang mempunyai tugas menyerap air dan mineral yang berada di dalam tanah yang akan dijadikan sebagai bahan baku pada tumbuhan untuk proses membuat makanannya.

Keunikan Pada Akar
Pada jenis/macam tumbuhan tertentu, akar mempunyai fungsi sebagai tempat untuk penyimpanan cadangan sebagian makanan, misalnya pada jenis tumbuhan umbi- umbian contohnya pada tanaman singkong dan tanaman wortel.
Ada juga beberapa jenis tumbuhan misalnya bakau, mempunyai jenis akar yang muncul ke atas tanah. Bentuk akar pada tanaman bakau seperti ini karena adaptasi terhadap lingkungan air payau dengan kadar garam yang cukup tinggi. Jenis/macam akar pada tumbuhan/tanaman bakau dinamakan akar napas.
Selain ada jenis akar napas, beberapa tumbuhan/tanaman menggunakan organ akarnya untuk menempel/melekatkan diri di tempat dimana dia hidup. Seperti pada tumbuhan/tanaman sirih. Jenis/macam akar seperti ini dinamakan sebagai akar panjat.
Pada tumbuhan/tanaman pandan, akar digunakan sebagai menunjang/penopang batang supaya bisa tetap tegak berdiri. Jenis akar macam/jenis ini dinamakan akar tunjang.
Tahukah kalian bila akar juga sangat bermanfaat/berguna bagi kita dan juga lingkungan sekitarnya?, Bagi manusia akar tanaman sangatlah berguna selain sebagai beberapa bahan makanan, bahan dasar obat-obatan, dan juga sebagai bahan baku kerajinan, serta perabot rumah tangga seperti meja.
Bagi lingkungan sekitar, akar memiliki fungsi menahan pergerakan tanah pada lereng tebing yang labil, sehingga tidak akan terjadi bencana tanah longsor. Selain itu, akar dari tanaman/tumbuhan yang sudah tua atau berumur tahunan bisa memiliki fungsi sebagai penyimpan/penahan air yang nantinya akan menjadi cadangan (sumber air) saat musim kering (kemarau).


No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain