Sunday 1 February 2015

Aktivitas Perkebunan Powerpoint

Perkebunan adalah kegiatan budi daya tanaman atau tumbuhan tertentu pada area lahan yang cukup luas. Tanaman atau tumbuhan tertentu merupakan tumbuhan musiman atau tanaman semusim yang model pengelolaannya ditetapkan dalam peraturan sebagai tanaman atau tumbuhan perkebunan (UU No. 18 Tahun 2004). Aktivitas perkebunan dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu perkebunan besar dan perkebunan masyarakat. Perkebunan besar merupakan perkebunan yang dijalankan oleh perusahaan atau kelompok yang mempunyai berbadan hukum tetap. perkebunan rakyat merupakan perkebunan yang dilakukan oleh masyarakat atau penduduk. Perkebunan itu area luas lahannya tidak seluas bila dibandingkan luas lahan perkebunan besar tadi.   Perkebunan bertujuan untuk memproduksi produk pertanian dalam jumlah yang sangat banyak. Biasanya, kegiatan perkebunan diikuti dengan pabrik  pengolahan produk perkebunan yang memang sengaja didirikan di area sekitar perkebunan. Produk yang diproduksi diolah dan dikemas lebih dahulu sebelum didistribusikan untuk dijual ke konsumen (pembeli). hasil perkebunan yang dibudu daya di wilayah Indonesia di antaranya ialah tanaman teh, kopi, kelapa sawit, kelapa, kakao, dan karet.

Wilayah Indonesia sudah lama diketahui sebagai pemproduksi berbagai hasil perkebunan. Wilayah Indonesia adalah daerah yang diketahui sebagai produsen rempah- rempah paling  besar di dunia.

Situasi ini yang menjadikan banyak para saudagar dari berbagai negara di dunia mendatangi  Indonesia untuk berbelanja rempah-rempah yang nantinya dijual lagi ke negara asal mereka masing - masing, seperti para pedagang dari negara Arab, Persia (iran), dan pedagang Gujarat (india). Bangsa Eropa juga mendatangi Indonesia yang bertujuan untuk mencari bahan rempah-rempah. Mereka menempuh perjalanan sangat jauh agar bisa mendapatkan bahan rempah- rempah yang mereka perlukan.  Saat ini negara Indonesia sebagai penghasil beberapa komoditas dari perkebunan, antara lain tembakau, cengkih, vanili, tebu, kopi, teh, kelapa sawit, kelapa, karet, lada, pala
,  dan cokelat.

Bagi Bapak dan Ibu guru yang  membutuhkan file powerpoint aktivitas perkebunan bisa download di sini.

Atau bagi siapa saja yang ingin melihat video aktivitas perkebunan di youtube bisa melihat di bawah ini.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain