Sunday 1 February 2015

Aktivitas peternakan dan perikanan Powerpoint

Aktivitas Peternakan
Aktivitas budi daya peternakan yang dilakukan di wilayah Indonesia seperti kambing,  Sapi, kuda serta kerbau. Pada kenyataanya, masih ada banyak ternak yang lainnya yang dibudidaya oleh masyarakat dengan cara mandiri, seperti Bebek, ayam, Burung, kambing, dan banyak lagi.

Aktivitas Perikanan
Dengan sumber daya perairan di wilayah Indonesia sangat banyak. Intensitas curah hujan yang sangat tinggi menjadikan banyak wilayah yang mempunyai kantung – kantung air ( aliran sungai, danau, dan waduk). Kantung – kantung air tersebut sudah banyak dipergunakan untuk kegiatan perikanan oleh masyarakat. Benar saja sumber daya alam yang dihasilkan oleh perikanan yang jauh lebih besar merupakan sumber daya alam yang dihasilkan dari laut. Luas wilayah laut yang sangat luas atau 2/3 dari luas seluruh wilayah Indonesia, mempunyai berbagai beragam hasil alam, pada khususnya
perikanan. Kegiatan eksploitasi sumber daya alam pada laut telah dilaksanakan oleh masyarakat nelayan sejak dulu. Dengan keahlian dan pengalamannya, para nelayan mendapati lokasi-lokasi yang melimpah ikannya. Tetapi, karena perahu tradisional yang dipunyai masih sangat sederhana dan berukuran relatif kecil, biasanya para nelayan mencari ikan di area yang tidak terlalu jauh dan dengan hasil tidak terlalu banyak juga.
Selain itu juga, sebagian besar di antara para nelayan yang tidak mempunyai perahu secara pribadi atau menyewa kepada orang punya perahu. Karenanya, keadaan sosial ekonomi para nelayan Indonesia termasuk rendah. Dengan banyaknya keterbatasan keadaan para nelayan tersebut, eksploitasi sumber daya alam dari laut Indonesia masih sangat kecil. ekploitasi masih sangat jauh dari potensi yang dipunyai laut. Pemerintah bergerak mengupayakan meningkatkan keahlian nelayan dan perusahaan pengelolahan perikanan untuk meningkatkan eksploitasi potensi laut yang sangat berlimpah.
Kegiatan perikanan bisa digolongkan menjadi kegiatan perikanan tangkap dan perikanan budi daya. Kegiatan perikanan tangkap biasanya dikerjakan dengan menangkap ikan dari wilayah laut, sedangkan kegiatan perikanan budi daya dikerjakan dengan membudidayakan dan memelihara ikan tertentu di kolam tambak, keramba, dan banyak lagi. Bersumber dari data BPS pada tahun 2011, banyaknya hasil ikan tangkap di wilayah laut Indonesia bisa mencapai angka kurang lebih 5.345.729 ton. selain itu, hasil perikanan budi daya bisa mencapai angka kurang laebih 4,605,827 ton.
Aktivitas budi daya perikanan di wilayah Indonesia biasanya berupa jenis udang - udangan dan ikan bandeng. Tetapi demikian, banyak masyarakat yang juga membangun model budi daya perikanan lainnya dengan cara mandiri dan dengan skalanya cukup kecil yaitu berupa budi daya jenis ikan air tawar, seperti ikan nila, ikan mas, ikan patin, ikan lele, dan banyak lagi. Di samping itu, produksi perikanan juga mendapat pasokan dari hasil perolehan tangkapan ikan laut oleh nelayan. Ada beberapa daerah sentra perikanan dan wilayah tangkapan ikan diantaranya seperti berikut ini.
1. Aktivitas budi daya jenis udang - udangan dan ikan bandeng, banyak dikembangkan di wilayah pantai utara (pantura) Jawa, sebagian Sumatra, dan wilayah Sulawesi.
2. Aktivitas budi daya ikan darat (kolam), umumnya dikembangkan di sebuah kolam oleh masyarakat, biasanya dikembangkan  di wilayah Jawa Barat, bertempat di waduk atau bendungan (seperti keramba apung di area Waduk Jati luhur), danau, kubanagan sawah, dan aliran sungai.

3. Wilayah penangkapan ikan di laut umumnya banyak tersebar di Sumatra bagian Timur (Bagan Siapi-api) dan wilayah Bengkalis (ikan terubuk). Di walayah kepulauan Maluku umumnya banyak memproduksi tongkol, kerang tiram, kerang mutiara. Di wilayah laut Jawa seperti, Selat Sunda, Pantai Cilacap.

Bagi yang menginginkan file powerpoint aktifitas peternakan dan perikanan bisa download di sini

Versi youtube bisa dilihat di bawah ini


No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain