Tuesday 1 March 2016

Saluran Globalisasi

Proses globalisasi tidak terjadi begitu saja dalam kehidupan masyarakat. Globalisasi membutuhkan saluran untuk sampai kepada masyarakat. Saluran-saluran tersebut bisa mempercepat terjadinya globalisasi, beberapa saluran globalisasi yaitu sebagai berikut :
a. Media Massa
Media massa menjadi saluran utama dalam globalisasi karena dengan media massa, masyarakat bisa mudah mengakses informasi dari seluruh dunia. Apalagi saat ini media massa sudah bisa online melalui internet, hal ini semakin membuat arus informasi menjadi tanpa batas.
b. Kerja sama antarnegara
Negara-negara di dunia saling bekerja sama satu dengan lainnya. Maka terjalinlah hubungan antara masyarakat diberbagai negara sehingga terjadi globalisasi. Hubungan internasional tersebut bisa terjadi secara bilateral dan multilateral.
c. Migrasi Internasional
Imigrasi dan emigrasi membuat terjadi pertukaran penduduk antar negara. Setiap penduduk yang berpindah dapat dipastikan membawa budaya mereka masing-masing. Ketika terjadi pertemuan antara penduduk pendatang dengan penduduk pribumi akan terjadi pembauran sehingga proses globalisasi menjadi lebih cepat.
d. Pariwisata
Wisata sudah menjadi kebutuhan  bagi penduduk dibeberapa negara untuk melancong ke negara lain. Banyaknya wisatawan yang datang akan membawa budaya mereka ke negara tujuan wisata mereka. Maka terjadilah pertukaran budaya yang memunculkan globalisasi.
e. Perdagangan
Era pasar bebas menyebabkan semakin memudahkan proses perdagangan antar negara. Saat ini tidak ada lagi hambatan perdagangan antar negara, bea dan tariff sudah dihapuskan, selain itu proses pertukaran barang bisa dilakukan secara online melalui surat elektronik dan alat komunikasi lainnya.
f. Transportasi
Semakin canggih dan modern alat transportasi membuat proses mobilisasi semakin cepat, misalnya pesawat terbang, sekarang kita bisa ke luar negeri hanya hitungan jam, padahal dulu ketika masih menggunakan jalur darat atau laut ke luar negeri akan membutuhkan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan.
g. Komunikasi
Dengan adanya telefon, HP, Faximile dan internet sudah cukup membuat masyarakat bisa saling terhubung secara cepat bahkan secara langsung antar daerah maupun antar negara. 

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain