Wednesday 9 March 2016

Kegiatan Industri yang berkelanjutan

Sektor industri merupakan sektor yang paling penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Bagi negara berkembang seperti Indonesia, sektor industri menjadi tolak ukur terhadap keberhasilan pembangunan telah dijalani. Sejak awal kemerdekaan sampai saat ini, sektor indutri selalu didorong untuk bergerak maju dengan mengundang investor dari dalam dan luar negeri untuk menanamkan modal di sektor ini.

Pengertian Industri yaitu bidang usaha yang mengolah bahan baku menjadi bahan jadi. Dilihat dari kekayaan alam, Indonesia mempunyai banyak SDA yang bisa dijadikan bahan baku untuk industri. Misalnya : kekayaan alam berupa kayu bisa dijadikan industri meubel dan kayu lapis yang bisa diekspor ke luar negeri.

Seiring dengan peningkatan jumlah industri menimbukan efek negatif yang merugikan lingkungan. Limbah yang berbahaya dan beracun sering dihasilkan oleh industri yang mencemari tanah, air dan udara. Dengan keadaan seperti ini membuat keadaan lingkungan menjadi tidak layak lagi untuk dihuni oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Padahal seharusnya industri tidak hanya mengasilkan bahan jadi untuk kebutuhan manusia tetapi juga harus tetap menjaga lingkungan sekitar mereka. Hal ini harus dilakukan agar bisa mendukung  pembangunan yang berkelanjutan.

Bagi industri, bukan hanya bertugas untuk mengasilkan barang jadi dengan mengunakan semua potensi alam, misalnya : bahan tambang, air, hewan, tumbuhan, udara dan tanah. Tetapi juga harus bisa melakukan usaha yang terus-menerus agar sumber daya tadi tetap baik dan tetap lestari pada masa yang akan datang. Karena dengan kelestarian mereka bisa membuat bahan baku dan bahan mentah yang dibutuhkan industri bisa tetap ada sepanjang waktu. Selain disisi lain lingkungan yang lestari juga memberikan kenyamanan bagi makhluk hidup untuk hidup dan berkembang biak.

Dalam memastikan bahwa suatu industri bisa melakukan kegiatan yang menjamin pembangunan berkelanjutan, maka seorang ahli yang bernama Daly membuat 3 indikator yang bisa mengukur keberhasilan kegiatan industri yang berkelanjutan yaitu :
1. Jumlah polusi dari kegiatan industri diwajibkan tidak melebihi kemampuan lingkungan dalam melakukan asimilasi.
2. Jumlah pemakaian sumber daya tidak terbarukan tidak melebihi subtitusi sumber daya lainnya yang bisa terbarui.

3. Pemakaian sumber daya yang terbarukan harus tidak melebihi kecepatan pembaruan sumber daya alam tersebut.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain