Wednesday 2 March 2016

Ada apa di dalam sel tumbuhan ?

Dalam setiap makhluk hidup pasti terdapat bagian terkecil yang disebut sel. tumbuhan sebagai salah satu makhluk hidup juga mempunyai sel. sel tumbuhan dan sel hewan mempunyai perbedaan pada segi ukuran, yaitu sel tumbuhan mempunyai ukuran sel lebih besar daripada sel hewan.
Tumbuhan hijau mempunyai kemampuan untuk melakukan fotosintesis. Proses ini memungkinkan tumbuhan untuk membuat sendiri makanan dengan memanfaatkan sinar matahari. Ada beberapa bagian sel tumbuhan yang tidak dimiliki oleh sel hewan. Pada umumnya sel tumbuhan terdiri atas :
a. Dinding sel
b. Vakuola berukuran besar permanen
c. Plastida (kloroplas, kromoplas, dan leukoplas)

Dinding Sel
Selulosa merupakan zat yang menyusun dinding sel tumbuhan. Zat ini mempunyi sifat yang kuat sehingga mampu menjaga bentuk sel.

Vakuola
Vakuola adalah komponen sel yang mati, vokuola mempunyai bentuk seperti kantong yang berisi cairan. vokuola mempunyai peran penting dalam sel tumbuhan. Vokuola mempunyai selaput yang memisahkannya  dari sitoplasma.
Vokuola mempunyai fungsi untuk menyimpan zat-zat makanan, misalnya : glukosa, asam amino  dan protein. Vokuola juga menyimpan alkaloid dan atsiri. Mencegah ampas metabolisme misalnya NH3, CO2 dan kristal garam. serta membuat warna tumbuhan dengan kandungan pigmen.

Plastida
Plastida adalah organel yang ada dalam sel tumbuhan. Plastida tersusun dari kloroplas, kromoplas dan leukoplas. Pada kloroplas terkandung klorofil untuk fotosintesis. Sedangkan kromoplas mengandung pigmen kuning jingga dan merah yang disebut karoten. Dan yang terakhir leukoplas mempunyai ciri tidak berwarna serta mempunyai fungsi untuk menyimpan cadangan makanan.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain