Friday 11 March 2016

Pengertian lingkungan hidup

Kita sering mendengar tentang lingkungan hidup. Semua yang ada disekitar kita merupakan bagian dari lingkungan hidup. Jadi pengertian lingkungan hidup adalah semua bagian, komponen dan unsur yang ada disekitar manusia yang bisa memberikan pengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap perkembangan dan kehidupan manusia tersebut.

Sebagai makhluk hidup manusia sangat tergantung pada alam sekitarnya, komponen air, udara dan darat sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Kualitas ketiga komponen tersebut mempengaruhi mutu kehidupan manusia, jika udara, air dan tanah bagus maka kehidupan manusia juga bagus, tetapi jika komponen tersebut rusak atau tercemar maka kualitas kehidupan manusia juga akan tidak baik.

Selain itu manusia juga tergantung pada makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan, keduanya merupakan penghasil makanan untuk kebutuhan manusia. Selain itu hewan juga bisa dijadikan alat transportasi bagi manusia, seperti sapi dan kuda. Sedangkan tumbuhan bisa juga sebagai penghasil obat-obatan, kayu untuk bangunan dan rotan untuk perabot rumah tangga. Maka dari itu manusia harus tetap menjaga lingkungan hidup disekitarnya karena bisa memenuhi kebutuhan mereka dan untuk mendapatkan kehidupan yang layak dan nyaman.


Lingkungan hidup bisa dibagi dua menjadi lingkungan biotik dan abiotik. Lingkungan biotik merupakan komponen lingkungan yang hidup, yaitu terdiri atas 3 jenis makhluk hidup : manusia, hewan dan tumbuhan. Sedangkan lingkungan abiotik merupakan komponen lingkungan yang tidak hidup, seperti : tanah, air dan udara. Lingkungan biotik dan abiotik membuat satu kesatuan yang saling tergantung satu dengan lainnya yang dinamakan ekosistem.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain