Thursday 28 April 2016

Pengertian biosfer

Dari sudut pandang etimologi, kata biosfer tersusun dari dua suku kata = bio yang mempunyai arti hidup dan sphere yang mempunyai arti lapisan. Jika digabung menjadi satu maka arti biosfer adalah lapisan bumi yang menjadi tempat tinggal organisme atau makhluk hidup.

Bagian biosfer pada daerah perairan mempunyai batas sampai 9 km di bawah laut, sedangkan biosfer pada wilayah udara menjangkau 11 km di atas permukaan air laut. Di dalam air, udara dan darat bisa dinamakan biosfer jika wilayah tersebut bisa menjadi tempat tinggal makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang biak.

Jumlah dan persebaran organisme di atas muka bumi tidak tersebar merata. Perbedaan sebaran jumlah organisme tersebut disebabkan oleh hal sebagai berikut :

a. Adanya kegiatan manusia yang bisa mengubah bentuk dan keadaan alam, misalnya manusia sudah mampu merubah tanah yang tidak subur dan tandus menjadi tanah yang subur dengan mengalirkan air melalui irigasi. Teknologi modern juga mampu membuat rekayasa-rekayasa genetika yang  membuat sumber daya hewan dan tumbuhan bisa lebih lestari, misalnya cangkok, kawin silang serta mutasi gen.

b. Adanya faktor fisiografi, yaitu ketinggian suatu tempat dipermukaan bumi, hal ini mempengaruhi terhadap penyinaran matahari

c. Kandungan udara, air tanah, tektur tanah, tingkat kesuburan tanah dan kandungan mineral organik di dalam tanah


d. Adanya perbedaan iklim yang terdiri atas faktor : suhu, kelembapan, curah hujan serta angin   

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain