Saturday 27 February 2016

Pengertian Globalisasi

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kat globalisasi, lalu apa pengertian globalisasi?. Globalisasi diartikan sebagai proses penyatuan dunia menjadi tanpa batas. Kemajuan ilmu pengetahuan di bidang transportasi dan komunikasi menjadi pendorong utama terjadinya globalisasi. Batas-batas geografis dan astronomis suatu negara dengan negara lain seakan hilang. Perbedaan sosial budaya antar bangsa juga lambat laun menjadi begitu samar, penduduk antar negara bisa berkomunikasi dan melakukan mobilisasi tanpa batas dan begitu cepat. Interaksi sosial sudah mencakup satu dunia sehingga menciptakan tatanan kehidupan baru yang dinamakan globalisasi dimana setiap penduduk menjadi bagian penduduk dunia yang satu.

Awal mula globalisasi dimulai pada akhir abad ke 20 sampai permulaan abad  ke 21, pada saat itu ditemukan telepon yang bisa menghubungkan antar penduduk jarak jauh, kemudian ditemukan televisi dan radio sebagai sarana informasi yang real time, dan yang paling besar pengaruhnya adalah ditemukannya internet yang membuat dunia disatukan dengan informasi dan pertukaran data yang tanpa batas. Selain itu alat transportasi yang semakin canggih, seperti mobil, kapal, kereta api dan pesawat juga membuat mobilisasi penduduk menjadi sangat cepat dan secara massal. Semua itu tadi membuat dunia menjadi border less atau dalam Bahasa Indonesia artinya “tanpa batas”.


Secara umum ada tiga sektor yang berpengaruh besar dalam mempercepat proses globalisasi, yaitu perdagangan, pariwisata dan komunikasi. Perdagangan menyebabkan terjadinya pertukaran barang dan jasa antar negara. Sedangkan pariwisata membuat adanya pertukaran budaya antara wisatawan dengan penduduk asli tempat wisata. Dan komunikasi yang menjadi hubungan antar penduduk bisa terjalin dengan langsung pada waktu yang sama meskipun mereka terpisah jarak yang jauh.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain