Friday 12 February 2016

Perbedaan Budaya Lokal dan Budaya Nasional

Budaya Lokal
Budaya lokal adalah  budaya yang dipunyai oleh daerah atau suku bangsa yang mempunyai sifat yang khas yang diturunkan dari generasi ke generasi pada daerah tertentu. Budaya lokal terbentuk dari penduduk yang mempunyai segala macam wujud perilaku, tindak-tanduk dan pola berfikir yang sama. Semua itu mewujudkan sebuah kebiasaan yang menjadi pembeda dengan penduduk lainnya.
Kemajemukan budaya lokal yang ada di Indonesia bisa dilihat dari beranekaragamnya budaya serta adat-istiadat. Ada sekitar 1.200 suku bangsa yang ada di Indonesia. Setiap suku bangsa yang ada mempunyai budaya yang khas dan berbeda-beda. Suku bangsa tersebut berkembang sesuai dengan keadaan lingkungan disekitarnya.
Secara umum perbedaan yang khas itu bisa dilihat dari contoh berikut :
a. Bahasa daerah yang berbeda
b. Sistem kekerabatan yang berbeda
c. Adanya uparaca adat dengan aturan dan tata cara yang berbeda
d. Perbedaan dalam kesenian , misalnya : seni tari, seni musik dan seni lukis
e. perbedaan bentuk rumah penduduk

Budaya Nasional
Budaya nasional yaitu kebudayaan yang diangkat serta diakui menjadi identitas nasional. Unsur pembentuk utama budaya nasional adalah budaya lokal. Dari berbagai budaya lokal yang ada akan digabung dan dimunculkan sebagai budaya nasional.
Selain itu unsur budaya  asing juga bisa dimasukan dalam budaya nasional asalkan sesuai dengan budaya bangsa Indonesia.
Contoh yang paling umum Budaya Nasional adalah Bahasa Indonesia, dalam Bahasa Indonesia itu terdapat resapan dari bahasa daerah dan bahasa asing. Bahasa Indonesia menjadi identitas yang bisa digunakan seluruh bangsa Indonesia untuk berkomunikasi satu dengan lainnya.

Sebagai bentuk rasa cinta tanah air, maka kita harus menjaga dan melestarikan budaya nasional karena budaya tersebut sungguh tinggi harganya, dan menjadi warisan yang tak ternilai bagi generasi berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain