Monday 15 February 2016

Interaksi budaya

Pencampuran budaya asli Indonesia sering terjadi dengan budaya asing yang menghasilkan banyak budaya khas yang baru di daerah tertentu. Letak geografis menjadi faktor utama masuknya unsur-unsur budaya asing masuk ke Nusantara. Pesisir pantai merupakan daerah yang paling mungkin terjadi pertemuan budaya asli dengan budaya asing karena sering terjadi pertemuan antara pedagang pribumi dengan pedagang dari luar negeri. Berikut ini merupakana jenis interaksi budaya.
a. Akulturasi
Pengertian akulturasi yaitu suatu proses sosial yang muncul karena budaya asli bertemu dengan budaya asing. Seiring berjalannya waktu, budaya asing tersebut bisa diterima oleh penduduk asli sehingga berpadu dengan budaya asli tanpa menghilangkan unsur budaya asli yang telah lama dijalankan oleh penduduk setempat. Misalnya : bentuk rumah atau gedung di Indonesia banyak dipengarui unsur budaya Eropa dan Cina tetapi unsur bentuk rumah dari budaya asli masih bisa terlihat.
b. Asimilasi
Pengertian asimilasi yaitu suatu proses menyatunya dua atau lebih kebudayaan yang terlihat dari menghilangnya kebudayaan asli dan terbentuknya kebudayaan baru yang berbeda dengan kebudayaan sebelumnya. Dalam asimilasi perbedaan-perbedaan yang ada dimasing-masing kebudayaan dihilangkan sehingga terjadi persatuan dan keseragaman yang menjadikannya budaya lain.
c. Amalgamasi

Pengertian amalgamasi yaitu suatu proses bercampurnya dua atau lebih kebudayaan dikarenakan adanya perkawinan dari dua mempelai yang berlatang belakang budaya yang berbeda. Contohnya yaitu seorang dari Jawa yang menikah dengan orang Sumatera sehingga terjadi penyatuan kebudayaan mereka berdua.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain