Saturday 13 February 2016

Pengaruh Geografis terhadap keragaman budaya

Indonesia memiliki kebudayaan daerah yang beranekaragam. Faktor-faktor geografis yang menjadi penyebab utama keragaman tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Letak Geografis
Jumlah pulau yang mencapai ribuan yang berderet dari Sabang sampai Merauke menyebabkan penduduk Indonesia tersebar dengan keadaan yang terpisah dari pulau satu dengan lainnya. Mereka sangat sulit berkomunikasi satu dengan lainnya karena keterbatasan alat komunikasi pada jaman dulu. Hal ini menjadikan penduduk Indonesia saling terisolasi di pulau-pulau yang mereka diami.
Dengan keadaan yang terisolasi tersebut membuat penduduk disetiap pulau berkembang menjadi suku-suku yang mempunyai kebudayaan yang berbeda dan khas pada masing-masing wilayah mereka.
Contohnya misalnya : penduduk Pulau Jawa memiliki kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan di Pulau Sumatera.

2. Posisi Strategis
Posisi wilayah nusantara yang strategis membuat banyak kebudayaan asing yang masuk, budaya asing tersebut berasal dari Kebudayaan Hindu-Buddha, Islam dan dari bangsa Eropa. Posisi silang antara benua Asia dan Australia membuat banyak bangsa Asing menguasai Nusantara. Kekuasaan asing  yang lama menyebabkan perbedaan kebudayaan pada beberapa daerah di nusantara. Misalnya kebudayaan di Pulau Timor yang pernah dikuasai Portugis berbeda dengan pulau Maluku yang dikuasai Belanda.

3. Kondisi Ekologis
Keadaan ekologi yang terdiri atas struktur tanah, iklim, serta kondisi topografi menjadi faktor yang mempengarui keadaan penduduk pada bidang sosial, ekonomi dan kebudayaan. Budaya yang muncul bisa berbeda antara penduduk yang tinggal di pegunungan dengan penduduk di pegunungan.

Contohnya : misalnya Kebudayaan penduduk Bromo yang di pegunungan berbeda dengan penduduk Situbondo yang sebagian besar hidup di tepi pantai.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain