Sunday 21 February 2016

Pengertian Kearifan lokal

Pengertian local wisdom atau kearifan lokal yaitu perilaku hidup dan tata nilai yang ada di  
masyarakat setempat atau lokal dalam melakukan interaksi dengan lingkungan tempat tinggalnya secara arif dan bertanggung jawab. Secara umum kearifan lokal merujuk pada adanya nilai dan norma dalam masyarakat dengan alam sekitarnya, sehingga terwujud kehidupan yang seimbang dengan alam sekitarnya.
Nenek moyang bangsa Indonesia mewariskan begitu banyak kearifan lokal yang secara turun-temurun dari generasi ke genarasi sampai pada kehidupan sekarang ini. Kearifan lokal bisa kita lihat dan rasakan pada aspek adat-istiadat, budaya dan religi. Dalam kehidupan masyarakat selalu berupaya beradaptasi dengan lingkungannya, dengan hal itu mereka bisa mengembangkan suatu wujud kearifan yang berbentuk sebuah ide, budaya, nilai, perkakas yang berpadu dengan nilai dan norma dalam kegiatan untuk memenuhi kebutuan hidup.
Dalam kehidupan sosial, kearifan lokal dibentuk untuk mengendalikan prilaku, sebagai pedoman dan aturan dalam berhubungan antara manusia yang satu dengan lainnya dan antara manusia dengan alam.
Adapun fungsi dari kearifan lokal yaitu :
a. Mempunyai arti sosial untuk memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat
b. Sebagai nasehat, seni bahasa, kepercayaan dan larangan
c. Melestarikan serta mengembangkan ilmu pnegetahuan dan kebudayaan
d. Sebagai alat atau perangkat dalam upaya melestarikan lingkungan hidup dan sumber daya alam
e. Sebagai pedoman dala pengembangan sumber daya manusia

Dalam kehidupan sehari-hari, kearifan lokal menjadi pondasi utama dalam membangun masyarakat tetapi tetap melestarikan tatanan sosial yang ada dan tidak merusak lingkungan.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain