Wednesday 20 January 2016

Proses Terbentuknya Relief Permukaan Bumi

Relief permukaan bumi terbentuk oleh pengaruh tenaga endogen dan eksogen. Berikut adalah penjelasannya:
a. Tenaga endogen. Tenaga endogen berperan penting dalam pembentukan relief permukaan bumi yang meliputi tenaga tektonis, vulkanis, dan seismik.
b. Tenaga eksogen. Tenaga eksogen merupakan tenaga yang bisa merusak relief permukaan bumi berupa pelapukan, erosi, dan sedimentasi.

Struktur Lapisan Bumi
a. Inti bumi (inti dalam dan inti luar) adalah massa cair liat yang begitu kental dan panas, serta terdiri atas nikel dan besi (nife).
b. Kerak bumi yang membentuk dasar samudera dinamakan lempeng samudera, sedangkan kerak bumi yang membentuk benua disebut lempeng benua.
c. Vulkanisme merupakan suatu gejala di mana magma menerobos lempeng benua melalui retakan atau patahan sehingga menyebabkan terjadinya gunung api.
d. Tektonisme merupakan perpaduan dari gerakan lempeng, magma yang menekan ke atas, dan energi yang terkumpul di daerah penunjaman, serta menekan lapisan kulit bumi sehingga membuat kulit bumi melengkung atau bahkan patah.

e. Relief muka bumi yang terbentuk di area tumbukan lempeng, yaitu palung laut, pegunungan, gunung api aktif, dan pulau-pulau lipatan.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain