Friday 8 January 2016

Membuat Taman Dalam Pot

1. Menanam tanaman dalam pot
Semakin sempitnya pekarangan rumah atau sekolah, banyak orang yang menyukai menanam tanaman dalam pot. Biasanya tanaman yang ditanam dalam pot berupa tanaman hias, warung hidup, apotek hidup atau yang lain. Untuk dapat membuat taman dalam bentuk pot, terlebih dahulu harus dapat menanam dalam pot. Apakah kamu sudah tahu caranya menanam dalam pot? Perhatikan cara atau langkah-langkah yang harus dilakukan pada saat akan menanam tanaman dalam pot!
a. Memilih dan menentukan pot
Ada berbagai jenis pot, berdasarkan ukurannya, ada yang berukuran kecil, ada yang berukuran sedang dan besar. Kalau dilihat dari bentuknya, ada yang berbentuk persegi, berbentuk lonjong atau bulat panjang, bulat, separuh bola, silinder, kerucut terbalik, dan sebagainya. Ada juga yang pot yang dangkal dan ada yang dalam.

Menurut bahan yang dibuatnya ada pot yang dibuat dari tanah liat, dari semen, dari porselin, dari bahan logam, dari plastik, pot bambu atau kayu, dan pula yang dibuat dari bahan bekas misalnya kaleng minyak cat. Semua diserahkan yang akan membuat taman untuk memilih pot yang disukai. Namun perlu diingat harus disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam dan di mana pot akan diletakan.
b. Memberi kerikil untuk drainase pada dasar pot
Pada dasar pot diberi kerikil dan di atasnya diberi tanah yang baik dan gembur, yaitu campuran antara tanah dengan kompos yang telah menjadi tanah.
c. Mengambil bibit dari persemaian
Ambillah bibit dari persemaian dengan menggunakan solet! Berhati- hatilah ketika mengambil bibit agar akarnya tidak rusak mengingat akar yang masih bibit mudah putus dan rusak!
d. Menanam bibit dalam pot
Pada saat menanam, yang harus diperhatikan adalah akar bibit tersebut. Usahakan perakarannya tersebar tidak menumpuk. Agar tidak miring atau goyang maka sedikit ditekan.
e. Menyiram
Bibit yang sudah ditanam dalam pot disiram dengan air. Ketika menyiram diusahakan perlahan-lahan artinya tidak sekali dituang.
f. Memberi penutup
Tutuplah dengan kerikil, arang, daun-daunan, atau yang lainnya permukaan tanah dalam pot. Hal ini bertujuan untuk mengurangi erosi dan penguapan.
Mudahkan, menanam tanaman dalam pot, Kamu semua juga menanamnya. Kamu ingat ada pepatah yang berbunyi "jika ada kemauan pasti bisa". Silahkan kalian mencoba menanam salah satu jenis tanaman ke dalam pot. Biasanya tanaman yang ditanam dalam pot adalah berupa tanaman hias daun, tanaman hias bunga, tanaman hias batang, bermacam-macam sayuran, dan bermacam-macam buah-buahan. Pilihlah salah satu jenis tanaman yang sudah disebutkan tersebut yang sesuai dengan yang kamu sukai!

2. Membuat taman dalam bentuk pot
Bagaimana cara membuat taman dalam bentuk pot, kamu ingin tahu? Cara membuat taman dalam bentuk lebih sederhana dari taman biasa. Sebenarnya dari beberapa tanaman dalam pot itu dikelompokan dalam satu lokasi sudah menjadi taman. Hanya saja apakah indah dipandang atau tidak? Sebab kalau dikelompokan sembarang tidak akan baik dipandang. Untuk itulah ada beberapa langkah dalam pembuatannya.
a. Pembuatan rancangan bentuk
Model taman atau bentuk taman yang akan diinginkan itu seperti apa harus dirancang terlebih dahulu. Rancangan itu tuangkan dalam kertas dalam bentuk gambar yang jelas dan sederhana.
b. Pemasangan unsur keras taman jika diperlukan
Karena dalam taman ini biasanya tanah sudah dikeraskan, maka jika dimungkinkan yang perlu diadakan dalam unsur keras ini adalah pembuatan kolam, pemasangan lampu hias, dan pembuatan para- para.
c. Penataan tanaman
Berbagai jenis tanaman yang sudah ditanam dalam pot itu disusun berdasarkan rancangan bentuk yang diinginkan. Kalau bentuk yang dikehendaki berbentuk leter L, maka pembuatan tamannya juga dalam bentuk leter L.
Pembuatan taman dalam bentuk pot sangatlah praktis, sederhana, supel, dan mudah. Praktis artinya tidak harus membutuhkan lahan baru atau luas. Sederhana artinya taman dalam bentuk pot itu bentuknya atau desainnya sederhana. Supel artinya mudah dibuat, dipindah maupun diganti.



No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain