Friday 8 January 2016

Tanaman Obat

Obat adalah suatu kebutuhan yang harus disediakan di sekolah atau di rumah untuk menjaga kesehatan. Tuhan menciptakan alam semesta ini semua untuk umat manusia. Termasuk di dalamnya tanam-tanaman ada yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati segala penyakit yang diderita oleh manusia. Tanaman tersebut bisa ditanam di pekarangan rumah atau sekolah, walaupun lahannya sempit atau bisa memakai pot.

Tanaman yang digunakan sebagai obat tersebut, antara lain:
1. Temulawak
Temulawak dapat digunakan untuk obat sakit perut dan meningkatkan nafsu makan.
2. Temuireng
Temuireng dapat digunakan untuk mengobati anak yang sakit cacingan dan dapat meningkatkan nafsu makan anak.
3. Temugiling
Temugiling dapat digunakan untuk menambah kekuatan, untuk obat anti racun dan untuk obat sakit borok.
4. Meniran
Tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati sakit maag.
5. Brotowali
Tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati sakit radang mata, obat hipertensi atau darah tinggi, obat muntah darah, obat keputihan, untuk mencuci mata dan untuk mencuci luka.
6.  Mahkota Dewa
Buah mahkota dewa dapat untuk mengobati sakit kanker, sakit asam urat, dan untuk menjaga kesehatan.
7. Bayam Duri
Bayam duri ini dapat digunakan untuk mengatasi darah rendah setelah melahirkan dan untuk memulihkan tenaga.
8. Daun Sirih
Daun sirih dapat digunakan untuk mengatasi penyakit jantung, untuk obat hidung berdarah, obat mata merah, obat radang tenggorokan, dan untuk mengobati batuk yang sulit disembuhkan.
9. Mengkudu
Buah mengkudu dapat untuk mengobati sakit amandel, menambah nafsu makan dan untuk menjaga kesehatan.
10. Daun Ungu
Daun ini digunakan untuk mengobati sakit wasir atau ambient dan mengatasi varises.
11. Kemangi
Daun kemangi dan biji serta akarnya dapat digunakan untuk mengatasi penyakit jantung, daun dapat untuk lalapan, dan dapat menghilangkan bau badan.
12. Temu Putih
Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat antikanker dari umbinya.
13. Sambiloto
Tanaman ini dapat digunakan untuk mengatasi atau dimanfaalkam untuk obat antibiotik.
14. Dadap Serep
Daun dadap serep dapat digunakan untuk mengobati sakit demam, juga untuk mengobati sakit batuk, dan dapat untuk menurunkan panas.
15. Bayam
Tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati kadar darah hemoglobin yang rendah, untuk mengatasi pendarahan, dan dapat mengatasi penyakit hipotensi atau darah rendah.
16. Jeruk Nipis
Buah jeruk ini dapat digunakan untuk ramuan obat batuk, sakit perut, sakit kulit. Rebusan akarnya dapat untuk obat disentri, rebusan daunnya dapat digunakan untuk berkumur radang mulut dan tenggorokan.
17. Jeruk Purut
Tanaman ini biasanya untuk campuran obat yang lain, yaitu untuk obat sakit batuk, dan demam. Kulitnya untuk mencuci rambut, sari buahnya untuk membuat minuman segar. Daun buahnya dapat digunakan untuk bumbu masak dalam pembuatan sambal.
18. Kunir Putih
Tanaman ini dapat digunakan untuk pelangsing tubuh maupun pelangsing atau mengecilkan perut, dan digunakan untuk mangir awet muda.
19. Kemuning
Tanaman ini dapat digunakan untuk obat mati rasa atau anesthesia, penenang, melancarkan peredaran darah, radang buah zakar, radang saluran pernapasan, infeksi saluran kencing, sakit gigi, anti tiroid, eksim, dan gigitan binatang berbisa.
20. Kenanga
Kulit batang tanaman ini dapat digunakan untuk obat scabies, gatal-gatal pada kulit, penyakit malaria, dan sebagai obat ramuan sakit perut.
21. Kumis Kucing
Daun dari tanaman ini dapat digunakan untuk obat kencing batu, sakit ginjal, dan peluruh air kencing.
22. Ketumbar
Buah dari tanaman ini dapat digunakan untuk obat gangguan pencernaan, menghilangkan rasa mual, pelega perut, obat pening kepala dan obat sakit sariawan.
23. Lempuyang Empirit
Tanaman ini dapat untuk obat penurun panas pada bayi yang sedang sakit panas, dan untuk menambah nafsu makan pada anak-anak.
24. Murbai
Daun murbai dapat digunakan untuk sakit demam dan untuk obat sakit sariawan. Dan buah murbai disukai oleh anak-anak.
25. Nanas
Buah nanas yang sudah masak dapat digunakan mengatasi penyakit amandel, bengkak yang disebabkan karena beri-beri, dan dapat mengatasi penyakit sembelit.
26. Pacar Air
Tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati depresan pada penyakit ayan dan untuk mengatasi alergi kulit.
27. Pacar kuku
Daun dari tanaman dapat untuk obat penyakit kulit, mengobati infeksi kuku dan herpes, mencegah kegemukan, mengatasi penyakit rematik dan untuk menghitamkan rambut.
28. Cocor Bebek
Daun dari tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati wasir, nyeri lambung, muntah darah, radang telinga luar, sakit kepala dan bisul.
29. Cabe Rawit
Daun dari cabe rawit dapat untuk mengatasi sakit mulas dan untuk juga mengatasi sakit sariawan.
30. Bugenvill
Tanaman ini dapat untuk obat melancarkan peredaran darah yang kurang lancar, mengatasi keputihan, dan mengatasi hepatitis.
31. Jambu Biji
Bunga dari tanaman ini dapat untuk menghambat pertumbuhan bakteri, buahnya untuk mengatasi penyakit diare, dan sakit perut.
32. Jarak
Biji dari tanaman ini dapat untuk mengatasi sulit buang air besar, kanker mulut rahim dan kulit, sulit melahirkan, rematik, tetanes, epilepsy, bronchitis anak, TBC kelenjar.
33. Belimbing
Buah dari tanaman ini dapat untuk mengatasi darah tinggi atau hipertensi, daa mengatasi papu pada kulit serta penyakit kulit.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain