Thursday 4 October 2018

Pariwisata Indonesia

Pariwisata atau turisme merupakan kegiatan perjalanan seseorang atau serombongan orang dari tempat tinggal asalnya ke suatu tempat di kota lain atau negara lain dalam jangka waktu tertentu. Kegiatan pariwisata yang dilakukan di dalam sebuah negara disebut pariwisata domestik, di Indonesia disebut wisata nusantara, sedangkan kegiatan pariwisata yang dilakukan sampai ke luar negara atau dari negara lain, disebut pariwisata internasional atau pariwisata mancanegara.
Industri pariwisata Indonesia dapat memberi sum- bangan besar bagi pemasukan devisa negara. Hal ini dilihat dengan semakin kompleksnya industri pariwisata yang secara langsung berkaitan dengan banyak bidang usaha, seperti agen dan biro perjalanan, sarana wisata, hotel, dan jenis akomodasi lainnya, restoran, objek wisata, dan sarana hiburan, toko cinderamata, dan industri kerajinan. Kesemuanya memberi andil cukup besar untuk devisa negara.
Indonesia layak dijual sebagai tempat wisata ke luar negeri, karena keindahan alamnya memang sangat mendukung dan budayanya yang unik, yang tidak ditemukan di daerah maupun negara lain. Akan tetapi, keindahan dan keunikan objek wisata tidak akan berarti apa-apa jika tidak didukung dengan sumber daya manusia yang mampu mengolah dan memanfaatkan semaksimal mungkin. Keindahan alam ataupun peninggalan budaya secara fisik tidak lebih dari seonggok gunung, candi, benda, atau bangunan lainnya, ataupun pantai yang indah yang juga dimiliki oleh berbagai negara yang lokasinya berdekatan dengan lumbung turis internasional. Karena tanpa adanya komunitas di sekitar objek wisata, gunung, pantai, ataupun objek wisata tersebut tidak lebih dari benda mati, tidak ada roh kehidupan dan bahkan tidak berarti apa-apa bagi pengunjung. Oleh karena itu, hams disadari bahwa kekuatan pariwisata Indonesia terletak pada manusianya. Manusia yang memiliki keramahtamahan, kehangatan, dan mampu mengolah keberadaan objek wisata sebagus mungkin, akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia.
Ditinjau dari segi daya tariknya, objek wisata Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa ragam sebagai berikut.
1. Wisata Alam
Wisata alam adalah wisata yang mengandalkan keindahan dan kekhasan panorama alam dan tata lingkungannya sebagai objek tujuan wisata. Yang termasuk wisata alam antara lain bahari, pantai, sungai, danau, air terjun, hutan, gunung, gua, pulau, taman nasional, dan wisata alam lainnya.
2. Wisata Sejarah
Wisata sejarah adalah wisata yang mengandalkan benda-benda peninggalan pada masa lalu yang sampai sekarang masih ada ataupun tersisa. Adapun yang termasuk wisata sejarah antara lain prasasti, candi, istana, benteng, makam, masjid, gereja, vihara, klenteng, pura, museum, monumen, dan wisata sejarah lainnya.
3. Wisata Budaya
Wisata budaya merupakan wisata yang mengandalkan budaya dan peninggalan kuno sebagai daya tariknya dan merupakan jenis wisata yang paling banyak peminatnya di dunia. Contoh dari wisata budaya antara lain upacara adat atau ritual, seni pertunjukan, dan wisata budaya lainnya.
4. Wisata Religius
Wisata religius adalah wisata yang mengandalkan aspek keagamaan. Wisata religius dapat juga disebut dengan ziarah, misalnya ziarah ke makam Walisongo.
5. Wisata Kuliner
Wisata kuliner adalah wisata yang mengandalkan makanan khas suatu daerah.
6. Wisata Minat Khusus
Wisata minat khusus merupakan wisata berdasarkan keinginan wisatawan secara pribadi.
Contoh dari wisata minat khusus adalah kerajinan, arsitektur khas, agro, desa, kota, pendidikan, kebun binatang, spa, dan wisata minat khusus lainnya.
7. Wisata Olahraga
Wisata olahraga adalah wisata yang mengandalkan gerak badan untuk menguatkan, menyehatkan tubuh, dan memberi kesenangan. Adapun yang termasuk wisata olahraga antara lain olahraga tradisional dan olahraga modern.
8. Wisata Belanja
Wisata belanja merupakan wisata yang mengandalkan tempat-tempat belanja. Adapun yang termasuk dalam wisata belanja adalah pasar tradisional dan pasar modern.
9. Wisata Umum
Wisata umum adalah wisata yang mencakup seluruhnya atau semuanya, secara menyeluruh, sifatnya umum, dan dibuat dengan tujuan agar dapat menarik wisatawan. Contoh dari wisata umum adalah Taman Mini Indonesia Indah dan Taman Impian Jaya Ancol.

Penulis : Tuhu N.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain