Friday 31 July 2015

Keadaan Iklim Indonesia

Letak astronomis negara Indonesia yang terletak pada wilayah iklim tropis membuat negara ini mempunyai iklim tropis. Apa yang menjadi ciri iklim di daerah tropis? Ciri khas iklim tropis umumnya mempunyai suhu udara/hawa yang relatif tinggi di sepanjang tahun, bersuhu rata-rata tidak mencapai kurang dari angkah 18◦C, yaitu sekitar 27◦C. Di wilayah iklim tropis, tidak ada suatu perbedaan yang seknifikan atau antara suhu pada saat musim penghujan dan suhu pada saat musim kering (kemarau).
Kondisi tersebut berbeda dengan pada daerah garis lintang sedang yang keadaan suhunya sangat jauh berbeda antara pada saat musim dingin dan juga pada musim panas. Suhu udara pada saat musim dingin bisa mencapai angka sekitar -20◦C atau juga bisa lebih, sedangkan pada waktu musim panas bisa mencapai angka sekitar 40◦C atau bisa lebih. Ciri wilayah/daerah iklim tropis lainnya yaitu lama waktu siang hari dan lama waktu malam hari hampir sama adalah sekitar 12 jam waktu siang hari serta 12 jam waktu malam hari. Secara umum, keadaan iklim di wilayah Indonesia sangat dipengaruhi oleh tiga macam iklim, yaitu iklim musim, iklim laut, dan iklim panas.
1. Iklim musim, umumnya dipengaruhi oleh keadaan angin musim yang selalu berubah-ubah pada setiap rentang waktu tertentu. Biasanya satu rentang waktu perubahan adalah sekitar enam bulan.
2. Iklim laut, terjadi sebab Indonesia mempunyai wilayah perairan laut yang sangat luas sehingga banyak sekali menimbulkan proses penguapan dan akhirnya mengakibatkan terjadinya peristiwa hujan.
3. Iklim panas, terjadi sebab wilayah Indonesia yang berada di daerah iklim tropis. Suhu udara yang sangat tinggi mengakibatkan proses penguapan yang cukup tinggi dan berpotensi untuk bisa terjadinya hujan.

Ketiga jenis/macam iklim tersebut berakibat pada tingginya curah hujan di wilayah Indonesia. Curah hujan di wilayah Indonesia bervariasi disetiap wilayah, tetapi pada umumnya sekitar angka 2.500 mm/tahunnya. Walaupun banyaknya curah hujan sangat bervariasi disetiap wilyah di Indonesia, akan tetapi pada umumnya banyaknya curah hujan tergolong sangat besar dan tinggi. Keadaan curah hujan yang tergolong besar dan ditunjang dengan adanya penyinaran matahari yang bisa dibilang cukup membuat wilayah Indonesia sangatlah cocok untuk aktivitas pertanian sehingga bisa memenuhi untuk kebutuhan masyarakat/penduduk akan pangan.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain