Monday 27 July 2015

Letak Astronomis

Letak astronomis merupakan letak suatu wilayah atau tempat berdasarkan pada garis lintang serta garis bujur. Garis lintang sendiri merupakan garis khayal (tak nyata) yang melintang dan melingkari bumi. Sedangkan Garis bujur merupakan garis khayal (tak nyata) yang menghubungkan/membujur antara Kutub Utara dan juga Kutub Selatan. Secara letak astronomis, wilayah negara Indonesia terletak  di antara 95‘BT (bujur timur) – 141’ BT dan 6 ’LU (lintang utara) – 11’ LS (lintang selatan). Dengan letak astronomis seperti ini, negara Indonesia termasuk ke dalam wilayah/daerah bertiklim tropis. Wilayah yang mempunyai iklim tropis dibatasi oleh garis lintang 23,5 ’LU - 23,5 ‘LS.
Kalian patut sangat bersyukur pada Tuhan sang pecipta alam karena tinggal di wilayah/daerah beriklim tropis seperti negara Indonesia. Sinar surya (matahari) selalu ada di sepanjang tahun serta tingkat suhu udara tidak terlalu ekstrim (tidak terlalu berbeda antar musim) sehingga musim apapun masih cukup nyaman untuk bisa melakukan berbagai aktifitas di dalam maupun di luar ruangan/rumah. Lamanya waktu pada siang dan malam hampir sama, yaitu lamanya 12 jam pada siang hari dan 12 jam pada malam hari. Bandingkan dengan wilayah negara-negara yang berada di bagian lintang sedang misalnya, negara Amerika Serikat. Pada saat waktu musim panas, lama waktu siang hari jauh lebih lama bila dibandingkan dengan pada saat waktu malam hari. Sebaliknya, pada saat musim dingin, lama waktu siangnya lebih pendek.
Keadaan suhu udara di daerah iklim tropis sangat berbeda dengan suhu udara di wilayah negara-negara yang berada pada garis lintang sedang mempunyai empat musim setiap tahunnya, yaitu musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur. Pada saat musim dingin, suhu udara sangat dingin sehingga bisa mencapai suhu puluhan derajat di bawah nol (minus celsius), sehingga diperlukan alat penghangat untuk ruangan. Jalanan semua tertutup oleh salju, sehingga semua kendaraan tidak bisa bebas berlalu lalang.

Pada saat waktu tersebut, banyak orang atau penduduk melakukan aktifitasnya di dalam ruangan/rumah. Sebagian dari para penduduk pergi untuk berwisata ke daerah/wilayah yang bersuhu lebih hangat, yaitu pada daerah yang beriklim tropis. Pada waktu musim panas, keadaan suhu udara sebaliknya dapat terjadi. Pada waktu tersebut, suhu udara sangatlah panas, bahkan angka suhu udara bisa mencapai lebih dari 40◦C. Akibatnya, diperlukan alat pendingin untuk ruangan agar tetap nyaman di dalam ruangan/rumah. Tentu saja aktifitas di luar ruangan/rumah sangat tidak nyaman sebab suhu udara yang terlalu tinggi. 

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain