Saturday 11 July 2015

Letak Geografis

Letak geografis merupakan letak suatu wilayah negara atau benua di permukaan bumi. Secara letak geografis, Indonesia adalah terletak di antara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudra (Hindia dan Pasifik). Dua Benua yang mengapit letak negara Indonesia yaitu Benua Asia yang berada di sebelah utara negara Indonesia serta Benua Australia yang berada di sebelah selatan negara Indonesia. Dua Samudra yang letaknya mengapit wilayah negara Indonesia yaitu Samudra Pasifik yang berada di sebelah timur negara Indonesia serta Samudra Hindia yang berada di sebelah barat wilayah negara Indonesia. Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia juga langsung berbatasan dengan beberapa wilayah. Batas-batas wilayah negara Indonesia dengan kawasan wilayah negara atau laut lainnya yaitu seperti berikut.
• Di sebelah utara, Negara Indonesia secara geografis berbatasan langsung dengan wilayah Malaysia, Singapura, negara kepulauan Filipina dan juga Laut Cina Selatan.
• Di sebelah selatan, Negara Indonesia berbatasan langsung dengan negara bekas provinsi Indonesia yaitu Timor Leste, benua Australia, dan juga Samudra Hindia.
• Di sebelah barat, Negara Indonesia berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.
• Di sebelah timur, Negara Indonesia berbatasan dengan dengan negara Papua Nugini dan juga Samudra Pasifik.

Letak geografis wilayah Negara Indonesia sangatlah strategis sebab menjadi jalur utama lalu lintas laut perdagangan diseluruh dunia antara negara-negara yang terletak di kawasan Asia Timur dengan negara-negara yang berada di kawasan benua Eropa, benua Afrika, wilayah Timur Tengah, dan juga India. Kapal-kapal perdagangan yang banyak mengangkut berbagai macam komoditas dari kawasan Asia timur (China, Jepang, Korea dan negara-negara lainnya) akan melewati wilayah Indonesia untuk menuju ke negara-negara tujuan seperti di benua Eropa. Wilayah Indonesia juga dilewati oleh  jalur perdagangan yang berasal dari Asia ke arah wilayah Australia serta Selandia Baru.
Letak geografis banyak memberi pengaruh untuk negara Indonesia, baik secara sosial,  ekonomi, dan juga budaya. Oleh sebab menjadi salah satu jalur lalu lintas sibuk pelayaran serta perdagangan di dunia, bangsa Indonesia sudah sangat lama menjalin sebuah interaksi sosial dengan negara atau bangsa yang lain. Interaksi sosial dengan melalui kegiatan perdagangan ini kemudian menjadi salah satu jalan bagi masuk dan berkembangnya berbagai agama ke wilayah Indonesia, seperti agama Islam, agama Hindu, agama Buddha, agama Kristen, dan juga lainnya. Wilayah Indonesia yang sangat kaya raya akan sumber daya alam bisa menjual berbagai macam komoditas atau hasil bumi lokal seperti kayu cendana, rempah-rempah (pala, lada, cengkih) dan juga hasil perkebunan/alam lainnya.

Sementara di negara-negara lainnya seperti di wilayah India dan juga Cina menjual berbagai macam produk/barang seperti kerajinan kain dan tenunan halus, kerjinan porselen/geraba, dan lainnya ke wilayah Indonesia. Manfaat dari letak geografis negara Indonesia juga memberi beberapa dampak yang bisa dibilang merugikan. Seperti Budaya dari negara yang lain dan tidak selalu sesuai dengan kehidupan budaya di wilayah Indonesia kemudian bisa masuk dan juga mempengaruhi pada kehidupan budaya rakyat/bangsa Indonesia, seperti contoh pergaulan bebas, kesantunan warga, dan lainnya. Selain itu, negara Indonesia juga sangat rentan terhadap keluar masuknya barang-barang yang sangat terlarang, misalnya obat-obatan terlalarang narkoba, dan juga barang-barang ilegal selundupan lainnya

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain