Monday 3 August 2015

Bukit dan Perbukitan

Bukit merupakan bagian dari bentuk permukaan bumi yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan pada daerah di sekitarnya dengan ketinggian kurang dari angka 600 m dpal (dari permukaan air laut). Bukit tidak terlihat curam seperti halnya bentuk gunung. Perbukitan adalah kumpulan dari beberapa bukit di suatu daerah/wilayah tertentu. Di wilayah perbukitan, kegiatan permukiman masyarakat tidak seperti halnya di wilayah dataran rendah. Permukiman masyarakat tersebar pada beberapa tempat tertentu atau biasanya membentuk beberapa kelompok kecil. Penduduk umumnya memanfaatkan sebuah lahan datar dengan luas terbatas di antara selah perbukitan. Permukiman atau rumah-rumah warga umumnya dibangun pada bagian kaki atau lembah di  perbukitan sebab biasanya di daerah tersebut bisa ditemukan sumber air seperti mata air maupun sungai.

Kegiatan ekonomi, khususnya pada bidang pertanian, umumnya dilakukan dengan cara memanfaatkan hamparan tanah atau lahan-lahan dengan tingkat kemiringan lereng tertentu. Dengan tujuan memudahkan penanaman tanaman, penduduk/masyarakat menggunakan cara sengkedan dengan memotong pada bagian lereng tertentu yang bertujuan untuk menjadi datar. cara tersebut kemudian juga mempunyai manfaat untuk mengurangi dampak erosi atau pengikisan  tanah oleh air.

Kegiatan pertanian di wilayah perbukitan, pada umumnya kegiatan pertanian dengan mengunakan lahan kering. Pertanian dengan menggunakan lahan kering adalah kegiatan pertanian yang biasanya dilakukan di wilayah/daerah dengan pasokan airnya yang terbatas atau hanya mengandalkan turunnya air hujan. Istilah pertanian dengan menggunakan lahan kering sama dengan tanah ladang atau huma yang biasa dilakukan dengan cara menetap maupun dengan berpindah- pindah seperti yang ada di Kalimantan. Tanaman/tumbuhan yang ditanam umumnya seperti umbi-umbian ataupun palawija dan tanaman yang ditanam tahunan seperti kayu dan buah-buahan. Pada bagian lereng bukit yang masih landai serta lembah perbukitan, sebagian warga/penduduk juga memanfaatkan lahan pertaniannya untuk tanaman padi.


Daerah perbukitan bisa terbilang sulit untuk berkembang menjadi pusat kegiatan perekonomian masyarakat, karena pergerakan manusia/penduduk tidak semudah di wilayah/daerah dataran rendah, sehingga pemusatan permukiman penduduk dan industri relatif sangat terbatas. Meskipun demikian, di daerah perbukitan bisa dikembangkan menjadi salah satu daerah untuk pariwisata sebab panorama alamnya yang sangat indah dan suhu udaranya yang masih sejuk. Aktivitas pariwisata yang bisa dikembangkan diantaranya wisata alam asri yang mempunyai tujuan menikmati pemandangan sekitar daerah perbukitan yang sangat indah.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain