Monday 8 April 2019

Pengertian Supervisi


Secara arti harfiah kata supervisi berarti : “pengawasan, penilikan dan penjiwaan”

Sedangkan menurut arti dari bahasa Inggris terdiri dua kata "super" = dari atas dan vision = melihat, atau secara langsung diartikan melihat dari atas atau lebih tinggi. Jadi supervisi jika diterapkan pada kehidupan sehari-hari mempunyai arti cara melihat (mengawasi) yang dilakukan seseorang yang mempunyai kedudukan lebih tinggi kepada bawahannya atau orang yang mempunyai kedudukan yang lebih rendah. Nama orang yang melakukan supervisi disebut supervisor. Supervisor mempunyai kewajiban untuk melaksanakan pengamatan, penelitian dan memberikan penilaian kepada bawahannya sebagai dasar penentuan kebijakan suatu lembaga atau perusahaan dan memberikan jenjang karir kepada bawahannya.

ada 3 mekanisme supervisi yaitu :
a. Penelitian
Supervisor bisa meneliti situasi dan kondisi perusahaan sekaligus pegawai-pegawai yang ada didalamnya, dengan metode pengumpulan data yang akurat dan sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Angka-angka yang diperoleh bisa diolah dengan ilmu statistik sehingga bisa dilihat gambaran tentang jalannya perusahaan secara menyeluruh.
b. Penilaian
Data-data yang diperoleh selama penelitian akan diberikan nilai yang objektif melalui pertimbangan-pertimbangan statistik dan intuisi dari supervisor. Penilaian merupakan dasar dari pemberian perbaikan dalam perusahaan.
c. Perbaikan
Dari penilaian yang ada akan terlihat kelebihan dan kekurangan dari dalam perusahaan, yang sudah baik bisa ditingkatkan kinerjanya, sedangkan yang belum baik bisa diperbaiki dengan pemberian penambahan fasilitas dan merubah formasi pegawai agar lebih sesuai dengan kemampuan pegawai.

Dalam bidang pendidikan
Dalam dunia pendidikan biasanya supervisi melibatkan pengawas dari Dinas Pendidikan, Kepala sekolah, Guru Senior dan Staf tata usaha senior : dengan skema : pengawas mensupervisi kepala sekolah, kepala sekolah dan guru senior mensupervisi guru dan Staf TU senior mensupervisi staf TU lainnya lebih junior. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mutu pembelajaran dari guru dan meningkatkan kualitas pelayanan staf tata usaha di sekolah.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain