Monday 8 April 2019

Pengertian suluk


Arti suluk secara harfiah adalah "Tasawuf" "titian menuju kesempurnaan batin" "mistik" dan tarekat.

Dalam pengertian ilmu sosial, suluk merupakan buku atau kitab yang memuat tentang masalah ghaib, arti dari tanda-tanda tertentu yang akan dihadapi manusia dan ramalan mengenai hari yang baik dan hari tidak baik. Suluk ini dihasilkan dari ajaran tasawuf. Karya sastra ini termasuk yang tertua oleh kesultanan nusantara. Contoh dari kitab suluk adalah Suluk Sukarsa, Malang Sumirang dan Suluk Wijil.


Pengertian lain suluk adalah cara atau tingkah laku atau kelakuan yang baik. Isi dari suluk adalah jalan menuju pendekatan diri kepada Allah dan bagaimana untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Secara umum suluk berarti membersihkan diri dari sifat-sifat buruk atau maksiat dan melakukan sifat-sifat yang terpuji seperti : melakukan ibadah dengan sungguh-sungguh, menjauhi maksiat, dan mendorong diri agar lebih dekat dengan yang maha kuasa. Selain itu suluk mempunyai arti menjernihkan ilmu pengetahuan, mensucikan dan ikhlas dalam beramal dan memperbaiki perilaku dan akhlak.

Orang-orang yang melakukan suluk disebut salik. Mereka akan selalu berusaha tidak menyia-nyiakan waktu untuk selalu mengingat Allah dan beribadah. Selain itu mereka akan berusaha mengekang hawa nafsunya agar tidak melakukan tindakan yang sesat. Dalam hidupnya pada siang hari akan berpuasa dan malam hari akan selalu bersujud dalam ibadah yang tidak pernah terputus.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain