Wednesday 3 April 2019

Pengertian Ebonit


Secara harfiah ebonit berarti “mika keras”

Ada pengertian lain ebonit yaitu karet vulkanisasi yang bersifat kes dengan warna hitam yang dihasilkan dari pencampuran belerang dengan karet. Ebonit pada umumnya dipakai sebagai penyekat listrik.


Dalam bidang industri ebonit merupakan suatu macam karet buatan atau sintetis yang mempunyai sifat sangat keras yang dihasilkan dari karet dengan bahan kimia lainnya yang divulkanisasi atau dipanaskan dalam waktu tertentu. Ebonit sangat berguna untuk beberapa produk seperti untuk pembuatan bola bowling, alat rumah tangga, isolasi listrik, dll. Macam-macam ebonit terdiri dari : Karet neoprene, EPDM, Butyl, dan Bakelite. Ebonit mempunyai warna hitam dengan sifat keras yang melalui proses vulkanisasi atau disebut juga vulkanit.

Ebonit termasuk bahan yang sulit menghantarkan panas sehingga sesuai untuk pembuatan alat-alat rumah tangga seperti untuk produksi pegangan wajan, gagang panci, sodet dan gagang-gangan lainnya. Gagang yang terbuat ebonit bisa melindungi tangan dari panas api kompor yang berpindah ke tangkai wajan atau sodet. Selain itu bahan ebonit juga melindungi tangan dari panas setrika yang dihantarkan melalui logam yang ada didalamnya.

Di pasaran ebonit bisa mempunyai bentuk yang beragam seperti : pipa, batang, dan lempeng. Campuran umum ebonit selain karet adalah belerang dan bahan lain antara 30% s.d. 50 % dari seluruh bahan. Sifat lain ebonit yaitu bisa dibengkokan di dalam air panas yang mendidih. Selain itu juga bisa dibubut serta dibor. Sifatnya juga tahan asam dan bisa digunakan untuk bak akumulator.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain