Tuesday 2 April 2019

Pengertian Abilitas


Secara harfiah dari kata “abilitas” mempunyai pengertian sebagai “kemampuan, kecakapan, kepandaian”

Pengertian lainya yang berhubungan dengan diri manusia adalah suatu kemampuan yang menjadi kekuatan atau tenaga untuk melakukan suatu kegiatan. Kemampuan yang dimiliki ini bisa didapatkan dari lahir dan juga melalui pendidikan dan latihan. Kemampuan dan kecakapan yang dimiliki ini bisa menjadi potensi yang bisa membedakan kualitas setiap individu.


Kata lain yang sepadan dengan abilitas adalah kompetensi yang berasal dari kata dalam bahasa Inggris yaitu "competence" yaitu kemampuan individu pada bidang yang digelutinya.

Abilitas dalam diri individu bisa di bagi menjadi 2 yaitu :
1. Kecakapan potensial yang berarti yang dia dapatkan dari lahir, kecakapan ini biasanya dari faktor keturunan atau kemampuan dari lahir. Bakat suatu individu biasanya berasal dari kecakapan potensial
2. Kecakapan nyata berasal dari upaya untuk belajar melalui pendidikan atau pelatihan tertentu sehingga ketika lulus mempunyai kompetensi tertentu yang khusus di bidangnya.

Secara umum abilitas mempunyai arti penting dalam meningkatkan produktivitas kerja karena dengan kemampuan dan kecakapan yang dimiliki akan membawa seseorang akan lebih efisien dalam melakukan tugasnya. Maka dari itu perlu ada pendidikan dan pelatihan untuk menjaga sekaligus meningkatkan kemampuan individu untuk terus menjaga abilitasnya pada tugas-tugas tertentu di bidang atau tempat kerjanya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal abilitas ini diarahkan sesuai dengan tujuan tertentu agar pekerjaannya lebih efektif dan efisien.

Abilitas yang baik akan menunjukan kinerja yang baik juga. Untuk mengukurnya membutuhkan instrumen-instrumen pengukuran yang valid. Jika di lembaga pendidikan maka ukurannya adalah ujian atau ulangan sebagai syarat kelulusan. Sedangkan bagi perusahaan maka ukuran-ukuran kinerja karyawan menjadi basis data dalam pengambilan keputusan penempatan formasi kerja yang ada.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain