Tuesday 23 August 2016

Yang menyebabkan perubahan di lingkungan tempat tinggal

Penyebab perubahan lingkungan tempat tinggal.

Komponen Berubah Lingkungan yang berubah - Keadaan Awal/sebelumnya – Keadaaan Saat Ini - Penyebab - Dampak

1) Daerah asal penduduk
Situasi semula adalah hanya ada penduduk asli, kemudian ada pendatang dari luar daerah yang berpindah sehingga terjadi pembauran penduduk dan jumlah penduduk semakin banyak. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan ekonomi dan mobilitas penduduk. Akibat yang terjadi adalah semakin padatnya pemukiman penduduk pada daerah setempat.

2) Pemukiman Daerah
Pada mulanya masih sedikit penduduk sehingga pemukiman masih nyaman dan sehat, tetapi kemudian karena pemukiman menjadi lebih padat menyebabkan rumah-rumah semakin berhimpit dan berdesakan. Penyebabnya karena banyaknya penduduk yang berpindah ke daerah ini. Sehingga menyebabkan lingkungan menjadi panas dan kurang nyaman.

3) Lahan pertanian
Semula hanya pertanian memiliki lahan yang luas, selanjutanya lahan semakin menyempit dan tidak subur. Hal ini dikarenakan adanya alih fungsi lahan pertanian menjadi tempat pemukiman. Dampak negatif yang terjadi adalah semakin berkurangnya jumlah produksi padi, jagung, kelapa dan tanaman pertanian lainnya.

4) Sungai
Pada awalnya sungai sangat bagus airnya dan jernih, sedangkan sekaramh sungai menjadi keruh dan kotor. Penyebab utamanya adalah masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan dan limbah dari pabrik. Akibat negatifnya adalah masyarakat tidak bisa memanfaatkan air sungai untuk kegiatan sehari-hari, misalnya : mencuci, mandi, dan dijadikan air minum.

5) Udara
Awalnya udara sehat dan segar tidak ada polusi, tetapi kemudian udara menjadi kotor, tidak sehat dan banyak asapnya. Penyebab utamanya adalah asap kendaraan bermotor dan asap dari pabrik disekitar daerah setempat. Akibanya banyak orang yang mengalami sesak nafas dan udara menjadi tercemar serta tidak sehat lagi.

1 comment:

Blog saya yang lain