Sunday 28 August 2016

Kondisi Hubungan Indonesia dengan salah satu negara maju di dunia dalam aspek ekonomi dan politik

a) Hubungan Indonesia dengan Jepang
- Bidang Ekonomi
Sudah sejak lama Jepang berkerjasama ekonomi dengan Indonesia, selama ini Indonesia merupakan negara pengekspor nomor 7 ke negara Jepang. Jenis produk Indonesia yang diekspor ke Jepang adalah : batubara, minyak bumi, tekstil, hasil laut, dan gas alam, sedangkan Jepang mengekspor mesin, produk otomotif, komputer personal, dan barang elektronik rumah tangga ke Indonesia. Sementara itu Jepang merupakan penanam modal asing yang paling besar di Indonesia, ada kurang lebih 1000 badan usaha Jepang yang berproduksi di Indonesia.
- Bidang Politik
Jepang dan Indonesia sudah sejak lama terjalin hubungan politik yang erat. Ketika perang dunia ke-2, Indonesia sempat dikuasai Jepang, pada saat itu Jepang menjanjikan kemerdekaan Indonesia yang akhirnya bisa diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945 setelah Jepang mengalami kekalahan pada perang dunia tersebut. Meskipun pernah mengalami hubungan bilateral yang buruk tetapi Jepang dan Indonesia mengadakan perjanjian perdamaian tahun 1958 yang menjadikan hubungan kedua negara semakin erat sampai saat ini.

b) Hubungan Indonesia dengan Jerman
- Bidang ekonomi
Kerjasama ekonomi Indonesia dan Jerman selalu berjalan dengan baik. Indonesia selalu mengekspor hasil buminya yang berupa : kopi, kelapa sawit, tembakau  dan kakao. Selain itu Indonesia juga mengekspor tekstil dan bahan kimia ke Jerman. Sedangkan Jerman mengekspor produk otomotif, berbagai mesin industri dan produk-produk lainnya. Di Indonesia banyak perusahan Jerman yang menanamkan modal, ada kurang lebih 250 badan usaha yang punya usaha bisnis di Indonesia dalam bidang farmasi, telekomunikasi dan otomotif.
- Bidang politik
Hubungan bilateral Indonesia dan Jerman selalu baik. Kedua negara selalu saling mendukung dalam forum internasional. Seperti dalam forum kerjasama G-20 yang merupakan kelompok negara dengan perekonoian terbesar di dunia, Indonesia dan Jerman merupakan anggota organisasi G-20 tersebut. Dari kerjasama itu banyak terjalin kerjasama dalam bidang pendidikan, riset dan teknologi. Banyak pelajar Indonesia yang melanjutkan studi di negara Jerman. 

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain