Tuesday 23 August 2016

Indikator Amerika Serikat dikelompokkan sebagai negara maju

Indikator Amerika Serikat Sebagai Negara Maju

a) Indikator penduduk
Penduduk Amerika Serikat mempunyai kesejateraan yang tinggi dengan pendapatan per kapita mencapai US$ 53.143 pada tahun 2013. Sebagian besar penduduk tersebut bekerja pada bidang profesional, teknik dan jasa. Hanya sebagian kecil yang bekerja disektor primer seperti pertanian, perkebunan dan peternakan. Pertumbuhan penduduk juga tergolong rendah yaitu hanya 0,9 % per tahun.

b) Indikator Perekonomian
Sistem ekonomi yang digunakan adalah sistem ekonomi kapitalis campuran. AS mempunyai Pendapatan Domestik Bruto yang sangat besar yaitu : US $15,1 triliun. AS merupakan pengekspor alat-alat elektronik, alat transportasi, komputer dan barang-barang canggih lainnya. Ekspor AS mempunyai volume terbesar kedua di dunia.

c) Indikator IPTEK
Banyak ilmuwan dan penemu yang merupakan warga negara Amerika Serikat, misalnya : Alexander Graham Bell, Thomas Edison, Nikola Tesla  dan lain-lain. Selain itu mobil diproduksi secara massal pertama kali dilakukan di AS. Teknologi pesawat terbang juga dipelopori di AS oleh Wright bersaudara. Usaha penelitian disegala disiplin ilmu dilakukan sampai saat ini diberbagai unversitas-universitas terkenal di Amerika Serikat.

d) Indikator Pendidikan
Setiap warga negara Amerika Serikat memperoleh pendidikan yang layak di sekolah negeri maupun swasta. Sebagian besar penduduk AS merupakan lulusan sarjana yang mencapai 85% dari seluruh populasi penduduk. Sedangkan angka melek huruf mencapai 99%, termasuk yang tertinggi di dunia. Di AS terdapat kurang lebih 20 universitas terbaik di dunia.

e)  Indikator Kesehatan
Angka harapan hidup di Amerika Serikat mencapai 78,4 tahun. Fasilitas kesehatan yang modern dan lengkap disediakan oleh negara dan swasta untuk seluruh penduduk AS. Penelitian kesehatan sangat didukung oleh pemerintah dengan anggaran penelitian kesehatan yang besar setiap tahunnya, maka dari itu menyebabkan banyaknya inovasi kesehatan yang dimiliki oleh ilmuwan-ilmuwan Amerika Serikat.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain