Sunday 28 August 2016

Upaya yang dilakukan Indonesia untuk menjadi negara maju di dunia

a) Meningkatkan Pendapatan Per Kapita Penduduk
Sampai saat ini pendapatan per kapita penduduk Indonesia masih pada perkiraan US$ 3.800 per tahun. Angka tersebut masih jauh dari pendapatan per kapita negara maju yang rata-rata di atas US$ 10.000 per tahun. Pemerintah harus membuat  program yang bisa meningkatkan produktifitas penduduk yang nantinya bisa meningkatkan pendapatan mereka. Secara fisik bisa dilakukan dengan membangun sarana prasarana pembangunan, misalnya : jalan, pelabuan, jembatan, kawasan industri dan lain-lain. Sedangkan program bidang ekonomi misalnya : penanaman modal, kredit usaha kecil (KUR), dan bantuan pelatihan & managemen. Diharapkan di masa depan pendapatan per kapita penduduk Indonesia bisa naik secara signifikan.

b) Meningkatkan kualitas dan peluang mendapatkan pendidikan
Pendidikan masih tertinggal jauh dari negara maju. Lulusan sekolah masih didominasi oleh tamatan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, sedangkan lulusan pendidikan tinggi masih sangat minim. Padahal kita membutuhkan SDM yang berkualitas tinggi untuk mempercepat pembangunan. Maka dari itu pemerintah berusaha meningkatkan kualitas pendidikan nasional dengan meningkatkan anggaran pendidikan di APBN sampai 20%, selain itu juga banyak membangun sekolah-sekolah diseluruh penjuru negeri, dan memberikan bantuan operasional sekolah (BAS) agar siswa bisa sekolah tanpa dibebani biaya yang besar. Program terbaru pemerintah adalah kartu Indonesia Pintas yang memberikan bantuan kepada siswa yang kurang mampu.

c) Meningkatkan penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Penemuan-penemuan besar dalam bidang IPTEK masih dikuasai negara-negara maju yang ada sekarang ini. Sedangkan Indonesia masih sangat minim inovasi dan pengusaan IPTEK. Univertas dan Lembaga penelitian harus terus didorong melakukan penelitian untuk menemukan teori IPTEK yang baru. Penguasaan IPTEK sangat diperlukan karena dunia sudah berkembang begitu cepat, efektifitas dan efisiensi dengan menggunakan teknologi yang canggih membuat suatu negara bisa memenangkan pesaingan global di segala bidang.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain