Saturday 1 September 2018

Pengertian Mitokondria, Mollusca, Monera, Monochlamydeae

Pengertian Mitokondria
(Gk. Mitos = benang; Chondros = butiran) Suatu organel yang memiliki membran rangkap (membran dalam dan membran luar) terletak di dalam sitoplasma pada sel eukariotik, dan membran dalamnya berlekuk-lekuk sebagai tempat berlangsungnya siklus Krebs dan oksidasi posforilasi dari respirasi sel agar dapat menghasilkan banyak energi. Bentuk umum mitokondria seperti batang pendek berdiameter sekitar satu milimikron, berfungsi menghasilkan energi di dalam sel.

Pengertian Mollusca
(L. Molluscus = lunak) Suatu filum hewan tidak bertulang belakang lunak dan tidak bersegmen, memiliki bagian-bagian kepala, kaki, dan massa bagian dalam yang dilindungi oleh suatu cangkok (mantel) atau tidak mempunyai cangkok, memiliki tentakel sebagai alat gerak dan menangkap mangsanya. Alat pernapasannya ada yang menggunakan insang, dan ada pula yang menggunakan paru- paru buku. Mollusca mencakup golongan kelas Cephalopoda (contohnya: gurita,sepia, dan cumi- cumi), kelas Gastropoda (contohnya:  siput, keong), kelas Bivalvia atau Pelecypoda (contohnya: kerang dan remis), kelas Schapopoda (contohnya: siput gading), dan kelas Amphineura (contohnya: kiton).

Pengertian Monera
(Dari Bahasa Yunani yaitu “Monos” : “tunggal” atau “satu” dan kata “Era” yang berarti “zaman” atau “generasi”) adalah kingdom dari makhluk hidup yang seleruh hidupnya hanya bisa membentuk tubuh hanya terdiri satu sel, atau hanya bisa membuat koloni saja, karena selnya bersifat prokariotik (materi intinya tidak dibungkus oleh membran inti) dan benang-benang DNA-nya tidak mampu membentuk kromosom, mencakup alga biru dan golongan bakteri. Klasifikasi golongan makhluk hidup ini diketahui divisi Schizophyta atau Tumbuhan Belah, karena ia berkembang biak dengan cara membelah diri.

Pengertian Monochlamydeae
(Berasal dari bahasa Yunani : “Monos” artinya “tunggal” atau “satu” dan  “Chlamys” artinya “sama” atau “sejenis”) adalah suatu kelompok anak- kelas dari tumbuhan dikotil yang menghasilkan bunganya hanya memiliki satu jenis perhiasan atau, kelopak dan mahkota bunga. Atau suatu kelompok tumbuhan dikotil yang bunganya tanpa mahkota bunga sama, baik warna maupun ukuran sehingga disebut juga Apetalae (Gk. A = tanpa, tidak ada; Petalon = helaian mahkota bunga). Contohnya; bunga kastuba (Euphorbia pulcherrhima), kembang kertas (Bougenvillea spectabilis), jarak kaliki (Ricinus communis), dll.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain