Saturday 15 September 2018

Fotosintesis


Tumbuhan hijau bisa memproduksi makanannya sendiri dikarenakan memiliki klorofil. Klorofil yang ada pada tumbuhan merupakan zat hijau daun tempat pembuatan makanan. Klorofil ini tersebar pada butir-butir hijau daun yang disebut kloroplas. Kloroplas tersebar di dalam sel-sel daun. Pembuatan makanan pada tanaman dilakukan dengan bantuan sinar matahari dinamakan fotosintesis. Tidak semua tumbuhan dapat melakukan fotosintesis, hanya tumbuhan yang mempunyai klorofil atau tumbuhan hijaulah yang dapat melakukan fotosintesis.
Tumbuhan yang tidak melakukan fotosintesis biasanya menumpang pada tumbuhan hijau sebagai parasit untuk mendapat makanan. Contoh tumbuhan tersebut adalah tali putri. Selain itu, ada juga tumbuhan yang hidup di tumbuhan yang sudah mati sebagai saprofit untuk memperoleh makanan, contohnya jamur.
Tumbuhan hijau melakukan fotosintesis membutuhkan bahan-bahan, yaitu air, karbon dioksida, dan sinar matahari. Tumbuhan mengambil air dari dalam tanah melalui bulu-bulu akar. Air dari dalam tanah diedarkan ke daun hingga masuk ke klorofil melalui pembuluh xilem. Karbon dioksida diambil tumbuhan dari udara melalui mulut daun atau stomata. Selain itu, karbon dioksida diambil dari udara melalui lubang-lubang kecil yang tersebar di batang, yaitu lentisel. Sinar matahari sebagai sumber energi diikat oleh klorofil dalam daun. Berikut skema proses fotosintesis.
Fotosintesis dapat terjadi setiap saat asalkan ada energi cahaya, dan umumnya terjadi saat siang hari. Tidak setiap cahaya dapat membantu proses fotosintesis. Hanya cahaya matahari atau cahaya buatan/lampu yang dibuat seperti cahaya matahari, yaitu sinar ultraviolet yang dapat digunakan untuk proses fotosintesis tumbuhan.
Air dan karbon dioksida yang terkumpul di klorofil, dengan bantuan sinar matahari kemudian diubah menjadi karbohidrat dan oksigen. Karbohidrat akan digunakan untuk pertumbuhan, sisa zat makanan disimpan tumbuhan sebagai cadangan makanan. Karbohidrat diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan melalui pembuluh floem. Oksigen dilepaskan oleh tumbuhan ke udara. Oksigen inilah yang akan digunakan
Apa hasil fotosintesis?
Dari proses fotosintesis tumbuhan menghasilkan makanan atau karbohidrat yang digunakan untuk pertumbuhan dan sebagian disimpan sebagai cadangan makanan. Cadangan makanan pada tumbuhan disimpan di tempat yang berbeda-beda di bagian tumbuhan, yaitu:
1. di daun seperti kubis, sawi, selada;
2. di akar seperti singkong, wortel, lobak;
3. di batang seperti tebu, aren, sagu;
4. di buah seperti mangga, semangka, pisang;
5. di biji seperti jagung, gandum, kacang.
Cadangan makanan digunakan oleh tumbuhan untuk kelangsungan hidup tumbuhan jika tanah tempat tumbuh kurang subur, atau air kurang sehingga proses fotosintesis terganggu. Ketika pembuatan makanan terganggu maka tumbuhan akan mengambil makanan dari cadangan makanan yang sudah dibuat oleh tumbuhan tersebut.
Tumbuhan Sumber Energi bagi Makhluk Hidup Lainnya. Dalam rantai makanan, manusia dan hewan sangat tergantung pada tumbuhan sebagai produsen. Hasil dari fotosintesis yang disimpan pada cadangan makanan digunakan oleh manusia dan hewan sebagai sumber makanannya. Hewan-hewan herbivora, yaitu pemakan tumbuhan menjadikan tumbuhan sebagai sumber makanannya. Sapi memakan rumput, kakak tua pemakan biji-bijian, monyet memakan buah-buahan, panda memakan batang bambu.
Semua makanan tersebut diambil dari bagian-bagian Tumbuhan. Manusia pun sama, makanan yang dimakan manusia sebagian besar berasal dari tumbuhan. Nasi berasal dari biji padi, buah- buahan dari buahnya, dan sayuran dari daunnya. Coba
perhatikan makananmu, makanan apa saja yang berasal dari tumbuhan dan dari bagian mana diambil dari tumbuhan? Selain sebagai sumber makanan tumbuhan hijau pun dijadikan sebagai sumber energi. Sebagai sumber energi kimia tumbuhan menghasilkan zat makanan yang merupakan zat kimia seperti protein,
lemak, mineral, air, karbohidrat. Semua tumbuhan hijau merupakan sumber energi kimia, contohnya sebagai berikut.
1. Sumber protein seperti kacang kedelai, kacang hijau, dan kacang merah.
2. Sumber lemak seperti alpukat dan kacang tanah.
3. Sumber karbohidrat seperti padi, jagung, dan gandum.
4. Sumber zat besi seperti bayam, bit, dan daun singkong.
5. Sumber vitamin seperti tomat, bekatul, jeruk, dan tauge.
Selain itu, jika tumbuhan mati dan tertimbun lumpur berjuta- juta tahun maka akan menjadi batu-bara yang merupakan sumber energi kimia untuk bahan bakar. Tumbuhan pun dapat menghasilkan oksigen dari hasil fotosintesisnya. Oksigen ini merupakan zat yang berguna untuk pernapasan. Semua makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bernapas dan digunakan dalam proses pembakaran makanan dalam tubuh makhluk hidup.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain