Tuesday 4 September 2018

Pengertian Leukosit, Lichenes, Malaria

Pengertian Leukosit (Leukocyte)
(Dari Bahasa Yunani : Leukos = putih; Kytos - ruang, sel) Suatu sel darah yang tidak berwarna, bersifat amoeboid (berubah-ubah bentuknya) dan fagositosit (memakan sel lainnya), dan dapat menembus antarjaringan, karena fungsinya sebagai alat pertahanan tubuh dari serangan kuman atau bibit penyakit. Berdasarkan sifat asam/basanya dikenal ada golongan neutrofil, eosinofil, dan basofil. Tetapi berdasarkan keadaan inti selnya dikenal ada golongan monosit, limfosit, dan granulosit Untuk jelasnya perhatikan bagan dan gambar di bawah ini.

Pengertian Lichenes
(Bahasa Yunani : lichen = lumut kerak, lihens) Suatu organisme berbentuk thallus sebagai hasil simbiosis antara golongan jamur dengan algae tertentu, yang dikenal dengan sebutan lumut kerak. Lumut kerak sebenarnya bukan termasuk jenis lumut, hanya ada dari bentuknya mempunyai kemiripan dengan lumut hati. Golongan dari jamur yang menyusun Lichenes yaitu kelas Basidiomycetes & Ascomycetes, sedangkan pasangan algaenya dari golongan Chlorophyta dan Cyanophyta yang bersel satu. Jamur mengadakan simbiosis dengan algae, karena ia sendiri tidak dapat berfotosintesis sehingga perlu mendapat zat-zat makanan dari algae itu, sebaliknya algae bersimbiosis dengan jamur, karena tubuhnya bersel satu
sangat rentan terhadap kondisi alam sehingga perlu berlindung kepada organisme yang massanya lebih besar dan memperoleh air secara cukup dari jamur itu. Dengan adanya simbiosis hidup tersebut, golongan lichenes mampu hidup di tempat-tempat yang makhluk hidup lainnya tidak dapat hidup padanya, seperti di batuan-batuan, sehingga dikenal dengan sebutan sebagai organisme perintis bagi kehidupan di bumi.
Bentuk thallus dari Lichenes ada tiga tipe, yaitu:
(1) Tipe Foliose, yaitu: thallusnya serupa lembaran atau memipih cukup lebar dan mudah dilepaskan dari substratnya;
contohnya: Peltigera, Parmelia, Lobaria, dan lain-lain.
(2) Tipe Fruticose, yaitu: thallusnya berbentuk silindris atau agak pipih dengan posisi tubuhnya tegak atau menggantung pada suatu ranting tumbuhan lain; contohnya: Usnea, Cladonia, dan Ramalina, dan lain-lain.
(3) Tipe Crustose, yaitu: thallusnya berbentuk pipih dan halus melekat dengan substratnya sehingga dilepaskan dari inangnya; contohnya: Graphis.

Pengertian Malaria

(Dari Bahasa Latin : Mai = buruk; Aria = udara) adalah suatu penyakit demam yang disebabkan oleh Plasmodium yang ditularkan nyamuk dari genus Anopheles, yang gejalanya dimulai dari timbulnya rasa sangat dingin sehingga tubuh penderita menggigil, disertai demam, dan penurunan panas disertai pengeluaran keringat yang banyak. Berdasarkan gejala demamnya, dikenal ada tiga macam malaria, yaitu:
a. Malaria tertiana, yaitu malaria yang gejala demamnya selang sehari, dan penyebabnya ialah Plasmodium vivax;
b. Malaria kuartana, yaitu malaria yang gejala demamnya selang dua hari, dan penyebabnya ialah Plasmodium malarie;
c. Malaria tropikana, yaitu malaria yang gejala demamnya tidak teratur; dapat terjadi tiap hari, bersifat gawat seringkali bersifat fatal, dan penyebabnya ialah Plasmodium falciparum.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain