Monday 3 September 2018

Pengertian Meristem, Metamorfosis, Mimikri

Pengertian Meristem
(Dari Bahasa Yunani : Meristos - membagi diri) yaitu suatu jaringan pada tumbuhan yang sel-selnya giat membelah diri, biasanya terdapat di ujung batang, ujung akar, dan ujung claim, tetapi dapat pula terjadi di bagian lainnya sesuai dengan kebutuhan tanaman itu. Meristem yang terletak di bagian ujung- ujung akar, batang, daun disebut meristem apek/meristem pucuk.
Pada daun, selain terdapat meristem apek terdapat pula meristem marginal (terletak di bagian tepi daun muda), meristem interkalar (terletak di bagian tangkai daunnya); ketiga macam meristem tersebut keaktifannya tidak sama; hal inilah yang menyebabkan daun suatu tumbuhan ada yang helaian pinggir daunnya bertoreh atau tidak bertoreh, ada yang bertangkai daun dan ada daun duduk (daun tak bertangkai).

Pengertian Metamorfosis

(Berasal Bahasa Yunani : Meta — berubah; Morphe — bentuk) adalah suatu proses perubahan bentuk organisme dari bentuk masa kecilnya kepada bentuk dewasanya, karena disesuaikan dengan lingkungan hidupnya. Jenis metamorfosis dapat dibedakan sebagai berikut:
Metamorfosis Sempurna
- Kupu-kupu : Ulat memiliki ciri: tipe mulut menggigit, makanannya daun- daunan, tubuh tidak bersayap, jumlah kaki adalah banyak - Larva, karena berbeda sifat dengan dewasanya – kepompong - Kupu-kupu memiliki ciri tipe mulut menghisap. makanannya sari madu, tubuh menjadi bersayap. jumlah kaki ada tiga
Metamorfosis Tak Sempurna
- Katak - Kecebong:bergerak dengan ekor, bernapas dengan insang - Larva, karena berbeda sifat dan bentuk dengan dewasanya - Katak : bergerak dengan kaki dan ekornya menyusut, dan bernapas dengan paru-paru dan kulitnya.
- Belalang - Anak belalang memiliki ciri: tipe mulut menggigit, makanannya daun-daunan, tubuh tidak bersayap, jumlah kaki ada tiga pasang. - Nimfa, karena memiliki banyak kesamaan sifat dengan dewasanya - Belalang bersayap sempurna: tipe mulut menggigit juga, makanannya masih daun- daun tubuh menjadi bersayap lengkap, Jumlah kaki ada tiga pasang juga.

Pengertian Mimikri
(Bahasa Yunani : Mimikros = imitasi, palsu) yaitu suatu kondisi organisme yang meniru organisme lainnya agar dapat mengelabui musuhnya, seperti: belalang ranting memiliki bentuk yang serupa dengan ranting kering, belalang daun memiliki bentuk serupa dengan daun hijau, dan bunglon meniru warna lingkungannya, sebagainya.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain