Tuesday 11 September 2018

Batang

Apa Saja Penyusun Batang ?
Batang umumnya terletak di atas tanah. Fungsi batang sebagai pengangkut air dan zat hara dari akar ke daun dan mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. Selain itu, batang berfungsi untuk menopang daun, bunga, dan buah.
Pada batang terdapat dua macam pembuluh, yaitu xilem (pembuluh kayu) dan floem (pembuluh tapis). Seperti halnya akar, tumbuhan dikotil dan monokotil dapat dibedakan dari susunan pembuluh yang terdapat pada batang. Tumbuhan monokotil atau berkeping satu mempunyai susunan pembuluh yang tersebar, berbeda sekali dengan tumbuhan dikotil yang memiliki susunan pembuluh pada batang yang teratur secara melingkar.
Masih ingatkah perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil. Batang tumbuhan dikotil salah satu cirinya memiliki kambium. Kambium menyebabkan batang tumbuhan terus membesar. Karena itu pada pohon dikotil diameternya relatif lebih besar dibanding monokotil.
Untuk dapat menghisap dan mengeluarkan udara dari dan ke dalam tumbuhan, batang memiliki celah yang disebut lentisel.
Batang tumbuhan tidak selamanya ada di atas tanah. Ada tumbuhan yang memiliki batang di dalam tanah. Batang juga tidak selalu berdiri tegak. Ada beberapa bentuk batang yang dinamakan modifikasi batang.
Batang yang menggembung berisi cadangan makanan berguna sebagai alat perkembangbiakan. Tanaman apakah itu? Kentang dan ubi jalar memiliki umbi yang berasal dari batang. Untuk membuktikannya perhatikan secara teliti penyusun umbi tersebut. Di permukaan tubuh umbi kentang atau ubi jalar kamu akan menemukan titik-titik yang tidak lain adalah tunas.
Batang yang mendatar di permukaan tanah disebut stolon atau geragih. Biasanya akan terbentuk batang baru pada bagian batang yang menyentuh tanah. Akar dan batang yang baru tersebut biasanya akan tumbuh pada buku tumbuhan yang menempel pada tanah. Contoh tumbuhan tersebut adalah strawberry.
Selain di permukaan tanah, terdapat juga batang yang tumbuh mendatar di dalam tanah. Jenis batang seperti ini disebut rhizoma. Rhizoma biasanya beruas-ruas dan pada buku-bukunya terdapat daun seperti sisik. Rhizoma merupakan tempat penyimpanan cadangan makanan. Contoh tumbuhan yang memiliki rhizoma kebanyakan dari kelompok jahe-jahean, seperti lengkuas, jahe, kunyit, kencur, dan Iain- lain.
Pernahkah kamu melihat batang tumbuhan yang merambat atau melilit? Batang seperti itu dinamakan liana. Contohnya pada tanaman kacang-kacangan.
Pada batang dikotil yang sudah tua terdapat lingkaran tahun. Lingkaran tahun merupakan lingkaran dari pembuluh xylem yang menunjukkan suatu pertumbuhan selama satu tahun. Setiap lingkaran memiliki dua daerah yang terpisah, yaitu kayu musim semi dengan kayu musim panas.
Kayu musim semi terbentuk sangat cepat. Ukuran selnya besar. Jenis kayu ini lebih lunak. Kayu musim semi disebut juga kayu dini. Kayu musim panas lebih keras dibanding kayu musim semi. Jenis kayu ini memiliki sel yang lebih kecil dan tersusun rapat. Kayu musim panas disebut juga kayu senja.
Ayo, amati lingkaran tahun batang tumbuhan yang ada di lingkungan sekitarmu! Jika kamu menghitung lingkaran tahun tersebut ada 20 buah maka usia tanaman tersebut adalah 20 tahun sampai tanaman tersebut ditebang.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain