Wednesday 12 September 2018

Pengaruh Globalisasi terhadap Bangsa Indonesia

Globalisasi berpengaruh terhadap bangsa Indonesia di segala bidang baik bidang politik, ekonomi, sosial budaya, maupun lingkungan hidup.
1. Pengertian Globalisasi di Bidang Politik
a. Adanya kesadaran untuk menyuarakan nilai demokrasi ditunjukkan dengan sikap berani mengkritik pemerintah.
b. Semakin kuatnya pengawasan masyarakat terhadap pemerintah sehingga pemerintah menjadi bersih dan bertanggung jawab.
c. Meningkatnya penegakan hak asasi manusia
2. Pengaruh Globalisasi di Bidang Ekonomi
Selain berpengaruh terhadap bangsa Indonesia dalam bidang politik, globalisasi juga berpengaruh dalam bidang ekonomi. Pengaruh globalisasi dalam bidang ekonomi, antara lain sebagai berikut.
a. Berlakunya perdagangan bebas. Siapa yang memiliki modal besar serta pengelolaannya profesional, dia akan semakin kuat. Sebaliknya, siapa yang modalnya kecil dengan pengelolaan yang masih tradisional tidak mampu bersaing sehingga semakin lemah.
b. Pabrik besar cenderung menggunakan teknologi canggih pengganti manusia sehingga banyak tenaga kerja yang menganggur.
3. Pengaruh Globalisasi di Bidang Sosial Budaya
Munculnya berbagai peralatan teknologi alat televisi) radio, dan internet memudahkan masyarakat mendapatkan informasi dari luar negeri. Seperti gaya busana, gaya makan, gaya hidup dan Iain-Iain.
Makanan pokok bagi orang Indonesia pada umumnya adalah nasi. Dulu, apabila kita berkesempatan makan di restoran, biasanya yang tersaji adalah makanan- makanan khas Padang, khas Betawi, khas Sunda, dan sebagainya. Tapi ini era globalisasi, kita dapat dengan mudah mendapatkan makanan-makanan khas dari negara lain. Misalnya restoran Italia akan menyediakan makanan khas dari negara Italia, seperti pizza dan spaghetti. Restoran Jepang menyediakan makanan khas dari negara Jepang, seperti udon, sushi, dan sebagainya.
Gaya hidup individualisme mulai tumbuh sehingga sikap toleran, kesetiakawanan, dan gotong-royong mulai luntur. Hal ini dikarenakan ketergantungan pada orang lain semakin berkurang, misal dengan adanya mesin cuci tak perlu menggunakan pembantu untuk membantu kita mencuci.
4. Pengaruh Globalisasi di Bidang Hankam
Di era globalisasi, negara-negara industri persenjataan seperti Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia, Cina, dan Iain-lain berupaya selalu memperbarui jenis persenjataan guna kepentingan pertahanan negara. Negara Iain seperti Iran, Israel, India, Pakistan, dan Korea Utara juga berusaha menyempurnakan persenjataan.
Indonesia berusaha melakukan kerja sama dengan negara lain antara lain:
a. Sistem senjata meliputi platform, senjata, bahan peledak, dan propellant.
b. Sistem Komando Kendali Komunikasi dan Informasi (K3I).
c. Menyediakan bagian pesawat perang yang canggih dan modern.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain